Lepas Masa Lajangnya, Sekretaris Keraton Surya Negara Sanggau Persunting Gadis Asal Kayong Utara

Lepas Masa Lajangnya, Sekretaris Keraton Surya Negara Sanggau Persunting Gadis Asal Kayong Utara


FOTO : rangkaian pernikahan Sekretaris Keraton Surya Negara Sanggau, Gusti Baiturahman dan Ramuna berlangsung pada Keraton Surya Negara Sanggau, Sabtu (1/7/2023) – Istimewa

pewarta/editor : Sery Tayan

SANGGAU – radarkalbar.com

SEBUAH pernikahan, sejatinya bukan hanya menyatukan dua insan untuk membangun biduk rumah tangga. Akan tetapi, untuk menyatukan dua keluarga besar dari kedua mempelai.

Untuk itu, melaksanakan atau menikah tidak boleh secara sembarangan. Karena ini merupakan bentuk ibadah terpanjang dan selayaknya dapat terjaga hingga maut memisahkan.

Pun demikian dengan Sekretaris Keraton Surya Negara Sanggau, Gusti Baiturahman S Pd, pada Sabtu (1/6/2023), mengakhiri masa lajangnya dan menikah dengan wanita pujaan hatinya bernama Ramuna asal Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara.

Rangkaian mulai dari izab kabul nikah hingga resepsi perkawinan Gusti Baiturahman dengan Ramuna ini berlangsung pada Keraton Surya Negara Sanggau, yang terletak di Jalan Pangeran Mas, kawasan Kantu’, Kota Sanggau.

Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Drs H Gusti Arman M Si memberikan sedikit wejanganan kepada pasangan muda ini, bahwasanya pernikahan merupakan ibadah yang mulia dan suci.

“Jika sudah mampu dan matang secara emosional segeralah menikah. Karena dengan menikah seseorang dapat menyempurnakan separuh agamanya,” ucap pria yang akrab dengan sapaan Pak Teh.

Menurut Raja Sanggau, salah satu fase dalam menjalani hidup yang lazimnya seseorang adalah menemukan pasangan hidup dan melangsungkan pernikahan.

“Segenap zuriat, sesepuh, kerabat Keraton Surya Negara mengucapkan selama menempuh hidup baru kepada Abang Rahman kita. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah,” cetusnya.

Pada sesi resepsi perkawinan, terlihat hamparan karpet merah membentang panjang hingga tangga utama Keraton Surya Negara, kemudian dengan hiasan bunga serta aksesoris lainnya, menambah semarak pesta perkawinan kedua mempelai ini.

Menariknya, pas tamu menapaki anak tangga terakhir langsung mendapatkan sambutan dari Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara, Drs H Gusti Arman M Si, Ratu Suri, Hj Sri Rahmawati, Gusti Zulmainis S Pd dan isteri tercintanya Astri Nurvida serta sesepuh lainnya.

Kemudian, pada singgasana utama, kedua mempelai dan perwakilan kedua keluarga besar terlihat menyalami ramah satu persatu tetamu yang datang silih berganti.

Aura kegembiraan terpancar dari raut wajah kedua mempelai. Selanjutnya mengayuh biduk rumah tangga, hingga akhir hayat.