DISKOMINFO

Bupati Sanggau Resmikan Rumah Radakng Taba dan Membuka Pekan Raya Menyabo


SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi didamping Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot yang juga sebagai Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau meresmikan Rumah Radakng Taba Menyabo dan pembukaan Pekan Raya Menyabo Yang Ke II. Selasa (6/6/23).

Bupati Sanggau menyatakan bangga dan sangat mengapresiasi semangat gotong royong dan rasa persatuan masyarakat di Desa Menyabo.
“Saya tau bahwa karena kalian kompaklah serta dukungan Pemerintah Desa, dari Provinsi serta dari Pemerintah Daerah maka hari ini kita meresmikan rumah radakng Taba ini,” ucap Paolus Hadi.

Kemudian ia menyampaikan bahwa telah menerima usulan dari dua masyarakat adat yang meminta wilayahnya ditetapkan sebagai wilayah masyarakat hukum adat.
“Sesuai dengan Peraturan Daerah dan bersama DPRD Kabupaten Sanggau kita telah tetapkan bahwa daerah-daerah yang masih kuat masyarakat adatnya dapat mengajukan itu kepada pemerintah daerah untuk disetujui oleh DPRD,” jelas PH sapaan akrabnya.

Selanjutnya Bupati Sanggau juga berpesan kepada generasi muda agar tetap menjaga lingkungan serta menghormati orang tua dan para leluhur.
“Saya pesan kepada kalian, para kaum muda untuk menjaga keasrian hutan dan lingkungan kita jangan nuba di sungai kita karena itu merusak lingkungan,” pesan Paolus Hadi.
“Kalian juga harus patuh terhadap orang tua dan para leluhur karena merekalah yang mengatur adat dan tanah kita sehingga kita ada sampai saat ini,” pesan Paolus Hadi.

Diakhir sambutannya Paolus Hadi berpesan untuk tetap menjaga persatuan dan keamanan menjelang tahun politik.
“Keberagaman adalah hal penting oleh karena itu jaga keamanan dan pastikan kondisi tetap kondusif,” pungkas bupati dua periode tersebut.

“Jangan mau diadu domba karena kita sendiri yang akan rugi dan menanggung akibatnya,“ pesan Paolus Hadi tutup sambutannya.