Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi Sanggau Digelar 7-9 Juli 2023, Ini Sederetan Perlombaannya

Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi Sanggau Digelar 7-9 Juli 2023, Ini Sederetan Perlombaannya


FOTOT : Sekretaris DAD Kabupaten Sanggau, Urbanus, S Sos (Ist).

SANGGAU – RADARKALBAR.COM

SEKRETARIS Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, Urbanus mengungkapkan pergelaran gawai Dayak Nosu Minu Podi 2023 akan berlangsung pada 7-9 Juli 2023 mendatang.

Tak ubah sebelumnya, rangkaian pergelaran gawai Dayak Nosu Minu Podi ini akan berlangsung pada komplek rumah betang raya Dori Mpulor, Sungai Mawang, Kecamatan Kapuas, Kota Sanggau.

“Hasil rapat pengurus DAD Sanggau membentuk panitia gawai Dayak Nosu Minu Podi. Dan terpilih sebagai ketua panitia Pak Anselmus, Sekretaris Pak Valentinus Sudarto dan Bendaharanya pak Martinus Dop,” jelas pria yang akrab dengan sapaan Jen ini, Senin (5/6/2023).

Mantan anggota DPRD Sanggau tiga periode menambahkan, selanjutnya panitia akan melaksanakan rapat persiapan. Terkait dengan rangkaian pelaksanaan gawai Dayak Nosu Minu Oodi ini.

” Nah, untuk jadwal pasti rapat panitia akan ada pemberitahuan kembali. Untuk tuan rumah gawai tahun ini adalah DAD Kecamatan Balai,” terangnya.

Lantas kata Urbanus, Gawai Dayak tahun 2023 ini nantinya, kembali diisi dengan berbagai perlombaan.

“Kita bersyukur tahun ini bisa melaksanakannya kembali dengan normal seperti tahun-tahun sebelumnya,” tukasnya.

Urbanus mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Sanggau untuk mensukseskan pelaksanaan gawai Dayak Nosu Minu Podi ini.

“Mari, bagi masyarakat yang akan menyaksikan langsung rangkaian kegiatan pada gawai Dayak ini. Namun, yang terpenting tetap jaga ketertiban dan keamanan,” ajaknya.

“Dan harapan kita pelaksanaan gawai ini lancar dari awal hingga penutupan,” sambungnya.

Adapun aneka perlombaan yang bakal menjadi ajang perlombaan diantaranya lomba tari kreasi dayak, pemilihan domamangk domia, lomba abang ayong.

Kemudian lomba menyumpit, lagu daerah, menumbuk dan menampik padi, mendongeng, pembuatan kue tradisional, pangkak gasing, membuat dan melukis perisai dan memahat. (red)

editor : Sery Tayan