DISKOMINFO

Wakil Bupati Sanggau Tutup Upacara Adat Besorong Nyapet Sawa’k Taun


//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot M.Si menutup upacara Adat Besorong Nyapet Sawa’k Taun, bertempat di Balai Dusun Jelimok, Desa Sungai Jaman, Kecamatan Tayan Hilir. Senin (29/5/2023).

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan acara adat ini merupakan acara yang pada prinsipnya menggali, mengembangkan dan melestarikan kebudayaan dan adat istiadat.

“Dalam komunitas masyarakat adat Dayak adalah acara ini merupakan wujud rasa syukur atas apa yang telah kita kerjakan dan terima dari kemurahan Tuhan sepanjang tahun yang pada prinsipnya menggali, mengembangkan dan melestarikan kebudayaan dan adat istiadat khususnya sub Suku Dayak.” ujar Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

Ia juga menambahkan kegiatan tersebut harus menjadi ajang pelestarian budaya dalam menghadapi perubahan budaya karena modernisasi.

“Karena itu, kegiatan ini harus benar-benar menjadi ajang pelestarian budaya di tengah gejolak masyarakat kita yang hidup dengan berbagai perubahan budaya karena modernisasi, era digitalisasi dan kemajuan teknologi. Kita sebagai orang yang diharapkan secara konsisten untuk menjaga keberlangsungan adat istiadat dan budaya kita, peninggalan leluhur kita agar tidak punah, menjadi tugas kitalah untuk melestarikan dan mengajarkan adat istiadat kepada generasi muda kita agar tidak lupa akan budaya, sehingga mereka lebih mencintai kebudayaan daerah kita” pesan Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot.

Penulis : Rizky Kurniyawan

Editor    : E.A.Lusy