[DISINFORMASI] Dokter Asal Cina Diselundupkan ke Pelabuhan-pelabuhan Indonesia untuk Melakukan Pembunuhan Massal – 30/05/2023

Penjelasan :

Beredar tangkapan layar pesan WhatsApp yang berisi foto dan video beberapa orang berpakaian putih sedang berjalan dengan latar belakang barisan peti kemas. Pesan tersebut mengeklaim bahwa orang-orang itu merupakan tim dokter asal Cina yang diselundupkan ke pelabuhan-pelabuhan di Indonesia untuk melakukan pembunuhan massal.

 

Faktanya, foto dan video yang diklaim sebagai tim dokter asal Cina yang diselundupkan ke Indonesia melalui pelabuhan-pelabuhan untuk melakukan pembunuhan massal adalah keliru. Berdasarkan hasil penelusuran cekfakta.tempo.co, orang-orang yang berpakaian putih dalam foto dan video itu berkaitan dengan kedatangan kapal rumah sakit Peace Ark milik Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLAN) di Pelabuhan Tanjung Priok pada 10 November 2022 sebagai bagian dari misi kemanusiaan memberikan layanan kesehatan di berbagai negara. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyatakan bahwa klaim-klaim dalam unggahan itu adalah tidak benar.

 

Link Counter:

-pelabuhan-indonesia-untuk-pembunuhan-massal