DISKOMINFO

Wakil Bupati Sanggau : Gawai Dayak Wujud Rasa Syukur Kemurahan Tuhan Sepanjang Tahun


//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si secara resmi membuka gawai dan pemberkatan benih padi bertempat di Dusun Sontas, Kecamatan Entikong Rabu (24/5/2023).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Yohanes Ontot menyampaikan gawai Dayak dalam komunitas masyarakat Adat Dayak adalah wujud rasa syukur atas apa yang telah kita terima dari kemurahan Tuhan sepanjang tahun.

“Gawai Dayak ini juga merupakan even bagi kita untuk  melestarikan adat budaya kita dan menjaga nilai adat leluhur yang sudah ada pada jaman dahulu, agar tidak punah, serta memanfaatkan kebudayaan daerah sebagai modal dasar sumber daya manusia melalui seni budaya,” ujarnya.

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot juga mengimbau untuk memahami pesta panen atau gawai Dayak, tidak di indentifikasikan dengan pesta pora, gawai Dayak harus kita maknai, bahwa Tuhan sang pemberi rejeki.

Ia mengajak masyarakat agar dapat mengambil bagian dan peran penting dalam berbagai aspek pembangunan di Kabupaten Sanggau terutama Dusun Sontas ini yang wilayahnya sangat strategis dengan wilayah perbatasan, dengan adanya gawai ini di harapkan Dusun Sontas menjadi wisata budaya kepada masyarakat Sarawak yang juga hadir pada gawai hari ini.

Penulis : Rizky Kurniyawan

Editor    : E.A.Lusy