Damkar kab. Sanggau Memberikan pelatihan dan edukasi cara menggunakan Apar – Satuan Polisi Pamong Praja

Damkar kab. Sanggau Memberikan pelatihan dan edukasi cara menggunakan Apar – Satuan Polisi Pamong Praja


Kamis, 25 Mei 2023 – Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sanggau melalui Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sanggau melakukan kegiatan Pelatihan Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang diselenggarakan dalam rangka memberikan edukasi penggunaan APAR dan simulasi kesigapan saat penanganan terjadinya kebakaran api ringan di Puskesmas Kapuas.
Kegiatan dibagi menjadi dua yaitu teori dan praktik. Kegiatan diawali dengan beberapa pemaparan teori terkait APAR dari Instruktur Bidang Damkar dengan pemaparan yang mudah dipahami dan disampaikan dengan singkat, padat dan jelas. Selanjutnya simulasi penanganan kebakaran api ringan yang dilaksanakan di Halaman Puskesmas Kapuas tersebut dilanjut dengan praktek cara pemadaman api ringan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dengan beberapa cara dan teknik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur tentang cara penggunaan APAR yang baik dan benar dengan harapan dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan seluruh staff Puskesmas Kapuas terkait penggunaan APAR dan melatih mental ketika menghadapi adanya kejadian kebakaran api ringan.
Kegiatan yang dilaksanakan berjalan tertib dan terkendali sehingga jika pun terjadi bencana kebakaran api ringan seluruh staff tersebut paham betul apa yang harus dilakukan ketika ada kejadian.