Tongkang Angkut Bauksit Kandas dan Bocor di Perairan Meliau

Tongkang Angkut Bauksit Kandas dan Bocor di Perairan Meliau


POTO : tongkang yang kandas, kemudian akhirnya bocor serta nyaris tenggelam pada perairan Meliau, Kabupaten Sanggau (Ist).

SANGGAU – RADARKALBAR.COM

SEBUAH tongkang pengangkut ribuan kubik bauksit nyaris tenggelam pada perairan Dusun Sungai Rambai, Desa Meliau Hulu, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau.

Informasi yang terhimpun menyebutkan tongkang dengan nama lambung Gandasari 2309 dan tugboat Marine Power 2701 tersebut bertolak dari jetty (dermaga/pelabuhan) PT BKB pada Minggu (21/5/2023) sekitar pukul 18.00 WIB.

Namun, nahas belum juga jauh meninggalkan dermaga. Tongkang tersebut awalnya kandas. Tetapi berujung bocor, sehingga tongkang pun miring. Dan air merendam sebagian bauksit dalam tongkang tersebut.

Penyebab, kandasnya tongkang tersebut, terindikasi nakhoda tugboat salah mengambil alur sungai. Mengingat air sungai Kapuas pada wilayah tersebut semakin dangkal saat ini.

” Tongkang angkut bauksit hampir tenggelam. Awalnya kandas, mungkin bocor. Sekitar depan dermaga Meliau atau dekat batu Palok, Dusun Sungai Rambai,” ungkap Antio salah seorang warga Meliau.

Akan tetapi, mengingat muatan bauksit pada tongkang tersebut sudah terendam air. Sejumlah masyarakat pun khawatir terjadinya indikasi pencemaran sungai.

Selain itu, jika bauksit itu tumpah ke sungai Kapuas, tentunya akan terjadi pendangkalan pada area kawasan tersebut. (tim)