7 Ruko Ludes Terbakar di Balaikarangan Sekayam, Ini Pemiliknya

7 Ruko Ludes Terbakar di Balaikarangan Sekayam, Ini Pemiliknya


POTO : saat kebakaran yang menghanguskan 7 bangunan ruko berada pada Jalan Tumenggung Gergaji, Desa Balaikarangan III, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau (Istimewa)

SANGGAU – RADARKALBAR.COM

SEDIKITNYA 7 bangunan rumah toko (ruko) terletak pada bilangan Jalan Tumenggung Gergaji, Balaikarangan III, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau ludes terbakar, Senin (15/5/2023) sekitar pukul 01.20 WIB dini hari.

Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, kerugian tertaksir tak kurang dari milyaran rupiah.

Koordinator Tagana dan Unit Pemadam Kebakaran (UPK) Sekayam, Norman Cahyadi mengatakan kejadian tersebut awalnya sekitar pukul 01.20 WIB.

Si jago merah dengan cepat melahap bagian bangunan 7 ruko tersebut. Sehingga mengakibatkan hangus terbakar.

“Api cepat membesar. Informasinya, api membesar dari salah satu ruko yang ada pada tengah bangunan tersebut,” ujar Norman, Senin (15/5/2023).

Menurut Norman, cepatnya api itu membesar, karena sebagian besar material ruko dari kayu.

“Bangunan materialnya masih kayu. Jadi apai cepat membesar. Selain itu, kami mengalami kekurangan sarana. Sehingga saat melaksanakan pemadaman itu jadi kurang maksimal,” ungkapnya.

“Ini kejadian kebakaran ruko yang terbilang besar ditahun 2023,saat kejadian tidak ada korban jiwa dan harta benda hanya sebagian yang bisa diselamatkan pemilik ruko,” sambungnya.

Sementara, Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah melalui Kasi Humas, Iptu Keken Sukendar mengatakan kejadian itu menghanguskan bangunan yang berada pada barisan ruko Inti Motor.

” Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu. Begitu ada kejadian, pemilik ruko langsung memberitahukan penghuni lainnya,” ujar Keken.

Menurut Keken, tim gabungan terdiri UPK Sekayam, UPK Kembayan, personel Satgas Pamtas Pemodis, Polsek Sekayam serta sejumlah unsur lainnya dan warga setempat berjibaku memadamkan api.

“Tim gabungan berhasil memadamkan api, sekitar pukul 02. 20 WIB,” timpalnya.

Adapun bangunan ruko yang terbakar tersebut masing-masing :

1. Salon Ana (1 ruko)

2. Bangunan kosong ( 1 ruko)

3. Bandung Motor (2 ruko)

4. Sanjaya Raja Laundry (1 ruko)

5. Inti Motor (2 ruko).

Hingga saat ini penyebab terbakarnya 7 bangunan ruko tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Dan pada lokasi kejadian telah terpasang garis polisi.

Sumber : SK/Polres Sanggau

Editor : Sery Tayan