Categories: Diskominfo

Wakil Bupati Sanggau Resmikan Rumah Betang Pompakng Kumbang Raya Dusun Sungai Kodang


//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot meresmikan Rumah Betang Pompakng Kumbang Raya bertempat di Dusun Sungai Kodang Desa Sungai Alai Kecamatan Kapuas. Kamis (11/05/2023).

Wakil Bupati dalam sambutan mengatakan pembangunan rumah betang ini dapat dijadikan sebagai pengingat sejarah dan untuk mengangkat kembali adat istiadat kita, bahwa tempo dulu orang tua kita tinggal dirumah betang secara bersama-sama dengan sangat rukun dan damai.

Rumah betang  yang sudah dibangun ini di jaga dan di pelihara untuk perkembangan budaya dan pastikan masyarakat adat berkembang melalui  dewan adatnya, melalui para temenggung, pengurus adat lainnya, dan tentu didukung oleh pemerintah desa dan jajarannya dan kecamatan semoga tempat ini bisa membangkitkan semangat gotong royong.

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot yang juga sebagai Ketua DAD (Dewan Adat Dayak) Kabupaten Sanggau juga mengatakan selama Pemerintah Paolus Hadi dan Yohanes Ontot (PH-YO) sangat mendukung pembangunan rumah betang atau rumah adat suku lainnya.

“Kami konsisten dan sangat perhatian dengan masyarakat adat, tidak hanya masyarakat adat Dayak tetapi seluruh manyarakat adat yang ada di Kabupaten Sanggau, artinya berbagai suku bangsa,” ujarnya.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot berharap rumah betang ini dapat digunakan untuk belajar hal-hal yang berkaitan dengan seni budaya.

“Terus gali adat, seni budaya yang mungkin akan punah. Utamanya para generasi muda sekarang,” tegasnya.

Penulis : Rizky Kurniyawan

Editor    : E.A.Lusy


Bagikan

Berita Terbaru

  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

8 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

8 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

13 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Lombok Tengah, Bambang Supratomo. Akun tersebut mengirimi pesan menawarkan untuk mengikuti program acara bonus-bonusan kendaraan mobil…

16 jam lalu