Categories: Radar Kalbar

Ribuan Umat Islam Sanggau Turun ke Jalan Meriahkan Pawai Obor


POTO : Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si bersama Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Bayu Yudha Pratama serta sejumlah pihak lainnya mengikuti pawai obor menyambut bulan puasa dan HUT ke-407 Kota Sanggau (abin)

Pewarta/editor : Abin/Sery Tayan

SANGGAU – RADARKALBAR.COM

RIBUAN umat muslim di Kota Sanggau antusias mengikuti pawai obor menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1444 hijriah.

Pelepasan pawai obor ini berlangsung di halaman depan Keraton Surya Negara Sanggau, pada Selasa (21/3/2023) malam.Pawai obor ini diikuti berbagai kalangan diantaranya ormas Islam, remaja masjid/surau, paguyuban, lembaga pendidikan serta masyarakat umum.

Menariknya, pawai obor kali ini sekaligus memeriahkan HUT ke-407 Kota Sanggau. Lantas, dilepas Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau H. Burhanuddin, Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si, Ketua MABM Budi Darmawan S Tp, MM, Dandim 1204/Sanggau Letkol. Inf Yuda Bayu Pratama, Kasat Binmas Polres Sanggau AKP. Sukiswandi dan sejumlah perwakilan forkompimda lainnya.

Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Drs. H. Gusti Arman M Si mengungkapkan pawai obor serupa telah digelar dua tahun belakangan ini. Dan sekaligus merupakan momentum untuk mengingatkan umat muslim agar khusu’ melaksanakan ibadah puasa.

“Sudah dua tahun digelar. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dan sekaligus kecintaan kita kepada Sanggau yang segera memasuki usia yang ke-407,” ungkapnya.

Raja Sanggau berpesan kepada para peserta pawai obor tersebut untuk menjaga nama baik umat Islam selama pawai di jalan raya.

“Saya minta kepada peserta pawai, tunjukanlah bahwa kita umat muslim yang santun, toleransi dan rahmatallill’alamin, jangan melakukan hal-hal yang bukan-bukan selama di jalan raya,” ingatnya.

Pria yang akrab disapa Pak Teh ini memastikan pawai obor serupa akan menjadi agenda rutin seluruh umat Islam di Sanggau, momen menyambut bulan penuh rahmat yakni bulan ramadan.

“Kami berterimakasih juga kepada Pemkab Sanggau yang mendukung penuh kegiatan ini. Sehingga bisa terlaksana dengan baik dan semoga tahun depan mendapatkan suport anggaran,”harapnya.

Sementara, Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau H. Burhanuddin menyampaikan Pemkab Sanggau menyambut baik digelarnya pawai obor tersbeut.Menurut Burhanuddin pawai obor tersebut merupakan implementasi dari seven brand image Sanggau berbudaya dan beriman (Budiman).

“Saya berharap tahun depan pelaksanaannya harus lebih sempurna lagi. Tapi secara keseluruhan pelaksanaannya sudah sangat baik,”ucapnya.

Dijelaskan, Pemkab Sanggau akan berupaya menganggarkan pelaksanaan pawai obor pada tahun 2024 sebagai upaya pemberdayaan umat.

“Kalau umatnya baik tentu pembangunan akan berjalan dengan optimal. Oleh karenanya kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama harus kita pelihara bersama untuk Sanggau lebih baik,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ketua MABM Sanggau Budi Darmawan mewakili ormas Islam menyampaikan terlaksananya pawai obor yang diprakarsai oleh Pangeran Ratu Keraton Surya Negara serta dukungan penuh Pemkab Sanggau dengan kolaborasi dengan seluruh ormas Islam, paguyuban dan lembaga pendidikan.

“Selain menyambut ramadan, kegiatan ini rangkaian menyambut HUT ke-407 kota Sanggau. Harapan kami kepada Pemda agar kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin. Khususnya Pemda bersama Istana Surya Negara dan ormas Islam agar pelaksanaannya nanti bisa terlaksana dengan baik dan lebih optimal lagi,” pungkasnya.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Diskominfo

IGTKI Kabupaten Sanggau Gelar Karnaval Hari Kartini

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Ikatan Guru Taman Kanak – Kanak Indonesia (IGTK)I Kabupaten Sanggau menggelar karnaval baju adat dan profesi. Kegiatan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Kabupaten Sanggau. Selasa (23/04/2024). Ketua Ikatan Guru…

11 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Surat Undangan Tahapan Seleksi Calon Karyawan BPJS Kesehatan 22-23 April 2024 – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar kembali surat undangan tahapan seleksi calon karyawan mengatasnamakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dalam surat tersebut calon karyawan diminta untuk hadir ke Jl. Letjend Suprapto Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat pada…

18 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Penawaran Tebus Murah iPhone Mengatasnamakan Puskesmas Kuta Utara – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan informasi di media sosial Instagram resmi milik Puskesmas Kuta Utara terkait penawaran tebus murah ponsel dengan merek iPhone 14 Pro Max 256GB. Dalam unggahan tersebut disebutkan bahwa ponsel tersebut berwarna deep…

18 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengajuan Pinjaman Online BNI Melalui TikTok – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah akun yang mengatasnamakan Bank BNI dengan nama akun @pinjaman.bankbni pada platform TikTok. Pada akun tersebut terdapat narasi yang menyebutkan "silahkan hubungi 083867617878".   Dikutip dari situs turnbackhoax.id, akun tersebut bukanlah akun…

18 jam lalu