DISKOMINFO

Desa Belangin Deklarasi Sebagai Desa ODF


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU  Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot M. Si menghadiri deklarasi ODF (Open Defecation Free/ Stop Buang Air Besar Sembarangan) bertempat di Kantor Desa Belangin, Kecamatan Kapuas, rabu (8/3/2023).

Wakil Bupati Sanggau mengatakan, Deklarasi Stop Buang Air Besar di sembarang tempat atau ODF merupakan wujud pemberdayaan masyarakat desa, yang dengan kemandiriannya mampu merubah perilaku masyarakat menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Stop buang air sembarangan atau tidak buang air sembarangan adalah bagian dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat, lingkungan yang sehat merupakan variabel utama komponen utama dalam rangka mewujudkan Sanggau sehat di Kabupaten Sanggau”.

“Hal ini merupakan bentuk komitmen yang tinggi dari masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan, sehingga acara ini dapat menjadi role model untuk desa dan kecamatan lain di wilayah Kabupaten Sanggau,” tutur Bupati.

Atas komitmen desa dalam mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui deklarasi ODF, Wabup menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya, karena menurutnya, aspek kesehatan merupakan salah satu indikator kesejahteraan masyarakat.