DISKOMINFO

Penanaman Pante’ek Pedagi Sub Suku Dayak Taba Ujukng Desa Melobok


//Diskominfo Sanggau//

Kedatangan Wabup disambut dengan begitu hangat dan meriah serta di iringi alat musik tradisional dan tarian penyambutan.

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si sekaligus Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau menghadiri dan menyaksikan Penanaman Pantae’ek Pedagi Sub Suku Dayak Taba Desa Melobok, Kecamatan Meliau. Kamis (23/02/2023).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sanggau mengatakan bahwa dengan perkembangan teknologi masyarakat adat tetap harus berupaya melestarikan adat budaya dan tradisi leluhur.
“Masyarakat Adat Taba tentu sudah lama menginginkan bagaimana kita mengembalikan adat istiadat peninggalan leluhur kita,” ujar Yohanes Ontot.

“Kita ingin peninggalan leluhur kita yang sudah di tinggalkan ratusan tahun, hari ini kita harus bisa menyaksikannya, karena di zaman sekarang kemajuan teknologi membuat peninggalan-peninggalan ini sudah sedikit menghilang,” sambung Yohanes Ontot.

Ia juga menjelaskan bahwa iman dan kebudayaan adalah sebuah satu kesatuan yang tak terpisahkan.
“Kalau kita melihat di luar negeri ada beberapa negara yang sudah melupakan budayanya karena kemajuan teknologi yang sangat pesat. Untuk itu pesan saya, generasi muda harus bisa menjaga budaya”, jelas Yohanes Ontot.
“Saya berharap kita yang tua ini harus bisa memberikan pemahaman kepada yang muda-muda, karena bagaimanapun adat istiadat ini harus ada di tengah-tengah kemajuan bangsa,” sambung Wakil Bupati dua periode tersebut.

Yohanes Ontot juga berpesan agar masyarakat adat Dayak tetap melestarikan adat budayanya serta menggali dan memeliharanya.
“Pemerintah daerah berharap agar sub suku Dayak Taba Ujukng agar tetap menjaga dan memelihara serta menggali adat budaya yang ada,” pungkas Pak YO sapaan akrabnya.

“Ke depan ini dapat menjadi situs cagar budaya untuk menjadi aset pemerintah daerah dan masyarakat adat khususnya sub suku Dayak Taba Ujukng,” tegas Ontot menutup sambutannya.