Diskusi Pembangunan Perkebunan di Kabupaten Sanggau Bersama Delegasi NI-SCOPS

Diskusi Pembangunan Perkebunan di Kabupaten Sanggau Bersama Delegasi NI-SCOPS


Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau yang dipimpin oleh Kepala Dinas H. Syafriansyah, SP, MM beserta seluruh pejabat dan staf melakukan diskusi terkait pembangunan perkebunan di Kabupaten Sanggau bersama Delegasi National Initiative for Sustainable and Climate-Smart Oil Palm Smallholders (NI-SCOPS) pada Senin 20 Februari 2023 bertempat di Hotel Grand Narita Sanggau dimulai pukul 19.00 WIB dan selesai pukul 22.00 WIB. Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari kunjungan Delegasi NI-SCOPS yang sebelumnya telah diterima oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si.

Pada kegiatan diskusi tersebut Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, H. Syafriansyah, SP, MM selaku narasumber menyampaikan program kerja utama dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau yang antara lain berupa perbaikan perizinan, peningkatan tata kelola perkebunan dan tata niaga pemasaran hasil perkebunan. “Kendala yang dihadapi oleh petani kelapa sawit swadaya terkait perolehan sertifikasi ISPO yaitu dari sisi finansial, oleh karena itu dukungan pendampingan dari NI-SCOPS melalui Solidaridad sangat dibutuhkan sehingga program pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan dapat terlaksana di Kabupaten Sanggau” ungkapnya.

Pada diskusi ini pihak Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau menjawab pertanyaan dari perwakilan NI-SCOPS tentang alasan dicabutnya beberapa izin perkebunan oleh Pemerintah Kebupaten Sanggau seperti yang disampaikan oleh Bupati Sanggau saat pertemuan sebelumnya.  Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau menjelaskan bahwa, dicabutnya beberapa izin perkebunan oleh Pemkab Sanggau bahwa perusahaan pemegang izin tidak dapat memenuhi ketentuan-ketentuan sesuai peraturan yang berlaku seperti tidak melaksanakan penanaman dan lainnya dalam usaha perkebunan sehingga Pemkab memberi sanksi berupa pencabutan izin setelah diberikan beberapa kali peringatan.

“Atas nama Pemerintah Kebupaten Sanggau, seluruh pejabat dan staf Dinas Perkebunan dan Peternakan mengucapkan terima kasih atas kunjungan serta support dari NI-SCOPS melalui Solidaridad dengan harapan dukungan serta kerjasama yang telah dibangun selama ini dapat terus terlaksana demi pembangunan perkebunan berkelanjutan dan ramah lingkungan” demikian disampaikan oleh Kepala Dinas diakhir diskusi.


DPP