Categories: Dinkes

Dinkes Sanggau Ajak Warga Cegah DBD dengan 3M Plus – Dinas Kesehatan


dinkes.sanggau.go.id – Kesadaran masyarakat menjadi bagian penting dalam upaya pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD). Terutama saat musim penghujan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau Sarimin Sitepu mengatakan, upaya pencegahan yang perlu dilakukan masyarakat adalah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan pola 3M Plus.

“3M ini yaitu menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat semua tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis atau daur ulang,” terangnya, Selasa (31/01/2023).

Upaya pencegahan tambahan atau Plus-nya, dikatakan Sarimin, seperti memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, gotong royong membersihkan lingkungan, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi sarang nyamuk, dan langkah pencegahan lainnya.

“Kondisi cuaca saat ini sering hujan, sehingga perlu dilakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan sekitar tempat tinggal. Ini dilakukan untuk meminimalisir perkembangbiakan jentik dan nyamuk Aedes Aegypti yang dapat membawa virus DBD,” ujarnya.

Dinkes Sanggau, Sarimin menyebut, juga melakukan upaya pencegahan. Di antaranya dengan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui Gerakan Laskar Berlian (GLB) anak sekolah.

“Kita juga melaksanakan penyelidikan epidemiologi sebagai syarat untuk dilakukan pengasapan (fogging) terhadap kasus terkonfirmasi. Kemudian larvasida jentik nyamuk yang dapat diperoleh di Puskesmas secara gratis serta menggalakkan promosi kesehatan terkait penanggulangan DBD,” katanya.

Terkait kasus DBD sepanjang 2022 di Kabupaten Sanggau, Sarimin mengungkapkan, tercatat 34 kasus dan tidak ada yang meninggal dunia.

“Sebarannya di Kecamatan Kapuas 22 kasus, Kecamatan Mukok 1 kasus, Kecamatan Jangkang 2 kasus, Kecamatan Parindu 3 kasus, Kecamatan Tayan Hilir 3 kasus, Kecamatan Kembayan 2 kasus, dan Kecamatan Entikong 1 kasus.

Untuk tahun ini hingga Januari, ia menambahkan, belum ada kasus terkonfirmasi DBD.

“Jika ada keluarga yang sakit dengan gejala demam berdarah (demam >38 derajat celcius, timbul ruam (bintik merah) segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat,” tutup Sarimin. (jul)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Serius Akan “Bertarung” ke Pilkada, Raja Sanggau Ambil Berkas Pendaftaran di PAN – Radar Kalbar

FOTO : Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M. Si (tengah) saat mengambil formulir berkas pendaftaran bakal calon Bupati di Sekretariat PAN [dok keraton]pewarta / editor : sery tayanBUKTI keseriusan akan…

5 jam lalu
  • Diskominfo

Pemkab Sanggau Laksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melaksanakan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII, dengan mengusung tema: “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”. Upacara dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Ir. Kukuh…

10 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Iklan Ajakan Mendaftar Paylater BCA dan Upgrade Kartu Kredit BCA – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah iklan di media sosial Instagram yang mengiklankan ajakan mendaftar payla?er Bank Central Asia (BCA) dan upgrade kartu kredit BCA. Akun-akun yang beredar tersebut menggunakan nama dan logo dari BCA. Dilansir dari…

12 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pemerintah Indonesia Setuju Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel pada April 2024 – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan di media sosial Instagram yang mengatakan adanya proses normalisasi hubungan bilateral antar pemerintah Indonesia dengan Israel. Dalam keteranganya disebutkan bahwa media-media Israel menyatakan Pemerintah Indonesia setuju untuk membangun hubungan diplomatik…

12 jam lalu