Categories: Dinkes

Data Bagian Penting Cegah Stunting – Dinas Kesehatan


dinkes.sanggau.go.id – Pendataan menjadi bagian penting dalam upaya menekan angka stunting. Tersedianya data yang akurat dan real time akan mempertajam intervensi yang dilakukan pemerintah.

“Dalam pelaksanaan program penurunan angka stunting, data merupakan hal yang sangat penting, sehingga pengambilan kebijakan dapat dilakukan dengan tepat dan baik,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau Ginting usai menghadiri acara peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63 di Keraton Surya Negara Sanggau, Senin (30/01/2023).

Dalam pengumpulan data, ia menyebut, penggunaan alat yang standar menjadi penting. Dengan begitu hasil pendataan dan pengukuran lebih akurat, sehingga tidak terjadi selisih data dengan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI).

“Saat ini kita sedang memenuhi alat yang standar, yakni antropometri yang saat ini baru terpenuhi sekitar 65 persen. Harapannya setiap posyandu kita punya alat tersebut agar hasil pengukuran tidak keliru,” ujar Ginting.

Terkait acara peringatan Hari Gizi Nasional, dikatakan dia, salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya mencukupi kebutuhan gizi seimbang guna menunjang pertumbuhan tubuh dan kesehatan masyarakat Indonesia.

“Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari. Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi masyarakat Indonesia,” pungkas Ginting. (jul)

 


Bagikan

Berita Terbaru

  • Diskominfo

Pemkab Sanggau Laksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melaksanakan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII, dengan mengusung tema: “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”. Upacara dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Ir. Kukuh…

2 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Iklan Ajakan Mendaftar Paylater BCA dan Upgrade Kartu Kredit BCA – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah iklan di media sosial Instagram yang mengiklankan ajakan mendaftar payla?er Bank Central Asia (BCA) dan upgrade kartu kredit BCA. Akun-akun yang beredar tersebut menggunakan nama dan logo dari BCA. Dilansir dari…

5 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pemerintah Indonesia Setuju Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel pada April 2024 – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan di media sosial Instagram yang mengatakan adanya proses normalisasi hubungan bilateral antar pemerintah Indonesia dengan Israel. Dalam keteranganya disebutkan bahwa media-media Israel menyatakan Pemerintah Indonesia setuju untuk membangun hubungan diplomatik…

5 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Rumah di Kampung Ponton, Kota Palangkaraya Dibakar – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar informasi yang mengeklaim kebakaran rumah di kawasan permukiman Kampung Ponton, Kota Palangkaraya. Adapun rumah yang terbakar tersebut sengaja dibakar oleh oknum tak bertanggung jawab. Faktanya, informasi yang mengeklaim kebakaran rumah di kawasan…

5 jam lalu