Puluhan Anak Adu Kebolehan Main Lato-lato, Kades Pedalaman Tayan Pesankan Hal Ini

Puluhan Anak Adu Kebolehan Main Lato-lato, Kades Pedalaman Tayan Pesankan Hal Ini


POTO : saat lomba Lato-lato digelar pemuda Dusun Tanjung bekerjasama Pokdarwis Swapraja Desa Pedalaman, Tayan Hilir (R**)

TAYAN HILIR – radarkalbar.com

PULUHAN anak datang berbagai antero Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau antusias adu kebolehan pada ajang lomba permainan Lato-lato, berlangsung di taman galeri Dusun Tanjung, Desa Pedalaman, pada Sabtu (28/1/2023).

Lomba permainan Lato-lato dan hiburan rakyat ini digelar Pemuda Dusun Tanjung dan Pokdarwis Swapraja Desa Pedalaman.

Lomba ini dibuka oleh Kepala Desa Pedalaman, Sunarto dan selanjutnya pada malam penutupan berikut pembagian hadiah kepada para pemenang ditutup Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam SE didampingi anggota DPRD Sanggau, Julius (Levan) serta unsur forkompimcam serta unsur lainnya.

Kepala Desa Pedalaman, Sunarto mengingatkan anak-anak jika bermain Lato-lato pada hari-hari hendaknya jangan dimainkan disekolah. Kemudin, hendaknya memperhatikan jarak dengan teman, agar tak membahayakan.

“Saya minta, adek-adek untuk tidak membawa mainan Lato-lato ini ke sekolah ya. Dan kalo mau main jauh sedikit dengan kawan,”ujarnya.

Sunarto sempat mengutip hasil penelitian salah seorang ahli. Dimana dengan bermain Lato-lato maka akan membangkitkan salah satu syaraf dalam tubuh.

“Jika dimainkan dengan benar, maka akan mendatangkan kebaikan bagi tubuh. Ini kata salah seorang ahli ya,” timpalnya.

Ia juga sempat menguraikan riwayat mainan Lato-lato tersebut. Dimana dulunya terbuat dari bahan kaca. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, diubah dengan plastik padat.

“Pesan saya, adek-adek bertanding lah dengan sportif. Dan jangan lupa jika main di rumah. Hendaknya jangan sampai mengganggu orang dan membahayakan teman – teman,” pesannya.

Ditambahkan, mainan Lato-lato ini juga secara tidak langsung memberikan pemahaman kepada anak-anak, untuk meraih sesuatu perlu proses dan tidak bisa secara praktis.

“Lihat saja permainan Lato-lato perlu kesabaran, keahlian dan proses panjang untuk bisa memainkannya. Nah, ini salah satu memberikan motivasi kepada anak-anak tentang proses kehidupan,” pungkasnya.

Pewarta /editor : Sery Tayan