DISKOMINFO

Seminar dan Sosialisasi Program Elpagar di Kabupaten Sanggau


//Diskominfo Sanggau//

SANGGAU, Dilaksanakannya Seminar dan Sosialisasi Program Elpagar Meningkatkan Upaya Konservasi Berbasis Masyarakat dan Praktik Komoditas Berkelanjutan di Kabupaten Sanggau, bertempat di Ruang Musyawarah Lantai 1 Kantor Bupati Sanggau, Jum’at (27/01/2023).

Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si, selaku Ketua DAD Kabupaten Sanggau mengatakan masyarakat di wilayah hukum adat harus bisa di berdayakan dan harus kita sinergikan dalam berbagai kegiatan.

“Karena program ini berada di wilayah hukum adat, sehingga saya tegaskan bagaimanapun masyarakat yang ada di wilayah hukum adat ini harus di berdayakan, masyarakat adat ini harus kita sinergikan dengan berbagai kegiatan baik itu dari pemerintah maupun NGO sehingga mereka bisa di berdayakan secara maksimal,” ujarnya.

“Dengan begitu kita berharap masyarakat ini bisa lebih mengeksplor potensi-potensi yang ada di wilayah mereka, bagaimana dari potensi itulah harapan nya bisa menjadi kearifan lokal di wilayah mereka sendiri,” sambungnya.

Kemudian Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S,IP., M.Si, berterima kasih kepada USAID SEGAR dan ELPAGAR sudah menyediakan wadah untuk pemberdayaan menyatukan diskusi.

“Yang pertama saya ingin berterima kasih, karena memang ada beberapa hal yang mungkin pemerintah ini tidak mampu, kita berbicara masyarakat adat kita punya kekuatan hukumnya, kita juga berpikir bagaimana seluruh yang bekerja, pemberdayaan yang ada di Kabupaten Sanggau ini punya wadah yang kuat untuk mempersatukan diskusi, nah hari ini Elpagar bersama USAID SEGAR melaksanakan itu,” ucapnya.

Beliau juga menegaskan untuk masyarakat yang menjadi lokpi harus bisa mendukung program ini, jangan sampai di sia-siakan.

“Dalam hal ini tentu kita membutuhkan orang pintar, butuh uang, butuh tenaga, makanya saya berterima kasih, untuk itu kita support, masyarakat kita yang menjadi lokpi mereka harus dukung, jangan sampai ini di sia-siakan, karena memang pemerintah itu masalahnya di keuangan yang terbatas. Masyarakat kita bicara soal jalan terus, tetapi kecerdasan intelektual itu menurut saya penting, dan itu butuh berteman dari Lembaga-lembaga lain, hari ini USAID SEGAR dan ELPAGAR membantu kita,” tergasnya.

Sebelum menyerahkan Rekomendasi tentang Program ELPAGAR-USAID SEGAR, Paolus Hadi berpesan silahkan menjalankan apa yang menjadi tupoksi nya dan patuh terhadap perundang-undangan yang beraku, baik adat maupun negara dan ikut mengembangkan Sabang Merah Berdompu.