Sampah dan Pengamanan Imlek Jadi Isyu Sentral "Jumat Curhat" Digelar Polsek Tayan

Sampah dan Pengamanan Imlek Jadi Isyu Sentral “Jumat Curhat” Digelar Polsek Tayan


POTO : saat Jumat Curhat berlangsung di Cafe Chi-Chi Pulau Tayan Utara (Ist)

TAYAN HILIR – radarkalbar.com

SEBELUMNYA Jumat Curhat digelar Polsek Tayan Hilir di Desa Kawat. Kali ini, berlangsung di Cafe Chi-Chi terletak pada bilangan pertigaan akses jembatan Kapuas, Desa Pulau Tayan Utara, pada Jumat (13/1/2023).

Tak ubah pada Jumat Curhat pekan lalu. Momen kali ini juga diisi dengan sesi tanya jawab, saran dan masukan dari berbagai pihak yang menghadiri program rutin dari Mabes Polri ini.

Hadir saat itu, Plt Camat Tayan Hilir, Ahmad Surgama Sahar, Kapolsek Tayan Hilir AKP PSC Kusuma Wibawa,
Wakapolsek Tayan Hilir Iptu Supariyanto,
perwakilan Koramil 1204/07 Tayan Hilir Serma Wan Edi, Kepala Puskesmas Tayan, H. Buyung, Kades Kawat, Albohri,
Kades Pulau Tayan Utara, Rudianto, perwakilan PT ICA, perwakilan PT ANTAM UBPB Kalbar, Kadus Pulau Tayan Utara yang juga ketua pelaksana Imlek, Hartono (Sopung), ormas MABT, DAD, POM,
TBBR, GTP, Pemuda Pancasila, LPADK Binsika dan sejumlah tokoh serta undangan lainnya.

Kapolsek Tayan Hilir, AKP PSC Kusuma Wibawa mengungkapkan pihaknya telah melakukan tindakan kepada para pengendara dan pengemudi kendaraan serta pedagang yang menjual dagangannya, dan parkir di jembatan Kapuas Tayan.

“Sudah kita laksanakan tindakan, mereka pengendara dan pedagang membuat pernyataan untuk tidak mengulangi kembali. Nah, kita juga mengimbau para pengguna jalan agar tidak parkir di Jembatan Kapuas Tayan. Kemudian, hendaknya memakai helm SNI,” ungkapnya.

Ia juga memaparkan rencana perayaan Imlek dan Cap Go Meh terpusat di Desa Pulau Tayan Utara

Tanya jawab

Berbagai keluhan, masukan dan sarana dilontarkan sejumlah pihak yang menghadiri kegiatan tersebut.

Kades Kawat, Albohri menyampaikan persoalan sampah, terkait dengan TPS berada di kawasan Terminal Desa Kawat supaya dipindahkan karena sangat menganggu pemandangan, keindahan kota dan kesehatan masyarakat.

Ia juga menyampaikan soal penerangan jembatan Kapuas Tayan.

Saat itu, Kapolsek Tayan Hilir AKP PSC Kusuma Wibawa menjawab akan memindahkan TPS di terminal Desa Kawat. Dan akan membangun kembali TPS pada tempat yang strategis.

“Untuk penerangan jembatan sebagian sudah ada. Dan sumber dana dari aksi gerakan penerangan jembatan dari masyarakat Tayan Hilirm,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kadus Pulau Tayan Utara, Hartono (Sopung) mengungkapkan
perayaan Imlek akan dilaksanakan 21 Januari – 5 Februari 2023. Dan dipusatkan di Desa Pulau Tayan Utara.

“Kami meminta bantuan pengamanan dalam perayaan Imlek. Dan mohon bantuan untuk penyampaikan proposal,” ujar pria yang juta ketua panitia perayaan Imlek tersebut.

Menanggapi hal itu, Kapolsek Tayan Hilir, AKP PSC Kusuma Wibawa menegaskan Polsek Tayan Hilir dan Koramil 1204/07 Tayan Hilir siap membantu pengamanan dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh hingga selesai.

“Polsek Tayan Hilir dan Koramil 1204/07 siap mengamankan perayaan Imlek dan Cap Goh Me hingga selesai. Nah, terkait proposal silakan koordinasi dengan pihak perusahaan sesuai dengan alamat yang dituju,” jawabnya.

Sementara, koordinator Gerakan Tayan Peduli (GTP)Fera Dedi Saputra mengatakan pihaknya telah melakukan penggalangan dana untuk pembelian lampu penerangan jembatan Kapuas Tayan.

“Saat ini sudah terpasang sebanyak 51 unit lampu di sepanjang jembatan Kapuas Tayan,” ujarnya.

Lantas, Kapolsek Tayan Hilir, AKP PSC Kusuma Wibawa meminta apabila dari pemerintah sudah melaksanakan penerangan di jembatan Kapuas Tayan. Maka 51 unit lampu yang sudah terpasang akan lebih baik kalo dihibahkan di rumah ibadah, lapangan bola serta berbagai fasilitas umum lainnya.

Kemudian, pengelola Yayasan SMK dan SMP Cahaya Harapan, Stepanus menuturkan siswa SMK sebanyak 700 dan SMP 500 orangnya.

“Kita mohon untuk TPS berada di sekitaran kompleks yayasan Cahaya Harapan supaya sampah tidak berserakan. Dan kita meminta dari pihak kepolisian untuk mensosialisasi kepada siswa-siswi kami untuk tata tertib berlalulintas.

Menanggapi hal ini, Kapolsek Tayan berjanji akan mengkoordinasikan dengan desa setempat tentang pengadaan TPS di areal Yayasan Cahaya Harapan.

” Akan kami jadwalkan terkait sosiasasi tentang tata sertib berlalulintas di Yayasan SMK dan SMP Cahaya Harapan,” ujarnya.

Pewarta /editor : Sery Tayan