Program Bersih Narkoba Sasar 8 Kecamatan, di Tayan Hilir Desa Pedalaman dan Kawat

Program Bersih Narkoba Sasar 8 Kecamatan, di Tayan Hilir Desa Pedalaman dan Kawat


POTO : Kasi Rehabilitasi BNNK Sanggau, Hery Ariandi (kanan) berpoto bersama dengan Kades Binjai Tayan Hulu, FX Heriyanto (tengah) usai melaksanakan pemetaan dan koordinasi (Ist)

SANGGAU – radarkalbar.com

KEPALA Seksi (Kasi) Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sanggau, Hery Ariandi mengatakan tahun 2023 program Bersih Narkoba (Bersinar) akan menyasar 16 desa pada 8 kecamatan di Bumi Daranante (julukan Sanggau).

“Dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Sanggau pada tahun 2023 ini, telah menetapkan 16 desa pada 8 kecamatan di Kabupaten Sanggau masuk dalam program Desa Bersinar,” ungkapnya, Kamis (12/1/2023).

Saat ini kata Hery, menindaklanjuti SK Bupati Sanggau tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dan pemetaan. Dimana diantaranya dilaksanakan di Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu.

“Desa Binjai sendiri termasuk salah satu sasaran desa bersinar tahun 2023 ini,” timpalnya.

Menurut Hery, dalam program desa Bersinar ada yang dinamakan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM). Adapun IBM itu ialah program rehabilitasi bagi penyalahgunaan narkoba yang dirancang dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat.

“Melalui program IBM kita akan membentuk agen pemulihan. Kemudian nantinya agen pemulihan akan mendapatkan pelatihan dari BNN. Nah, kita akan memanfaatkan fasilitas dan potensi masyarakat sesuai dengan kearifan lokal,”paparnya.

Dijelaskan, agen pemulihan ini adalah perpanjangan tangan dari BNN untuk menjangkau para penyalahguna yang ada di masyarakat.

“Harapannya adalah dengan program IBM ini semakin banyak penyalahguna di masyarakat yang bisa diselamatkan dari bahaya ketergantungan narkoba. Kemudian melaksanakan berbagai antisipasi, jangan sampai ada penambahan pengguna lagi,” jelasnya.

Dipaparkan, adapun 16 desa pada 8 kecamatan yang menjadi sasaran program tersebut masing-masing :

1. Kecamatan Tayan Hulu

– Desa Sosok

– Desa Binjai

2. Kecamatan Tayan Hilir

– Desa Pedalaman

– Desa Kawat

3. Kecamatan Balai

– Desa Senyabang

4. Kecamatan Sekayam

– Desa Bungkang

– Desa Lubuk Sabuk

– Desa Sungai Tekam

– Desa Pengadang

5. Kecamatan Beduwai

– Desa Thang Raya

6. Kecamatan Parindu

– Desa Embala

– Desa Sebarra

7. Kecamatan Entikong

– Desa Pala Pasang

– Desa Semanget

– Desa Suruh Tembawang

8. Kecamatan Kapuas

– Desa Penyeladi

Pewarta /editor : Sery Tayan