Ini Poin Penting Terungkap Dalam Jumat Curhat Digelar Polsek Tayan Hilir

Ini Poin Penting Terungkap Dalam Jumat Curhat Digelar Polsek Tayan Hilir


POTO : rangkaian Jumat Curhat digelar Polsek Tayan Hilir, pada Jumat (6/1/2023) di Warkop Cinday, Desa Kawat (dok)

TAYAN HILIR – radarkalbar.com

BERBAGAI isyu krusial, informasi, saran dan masukan sebagai curahan hati dari berbagai pihak, terungkap dalam momen ‘Jumat Curhat’ digelar Polsek Tayan Hilir, berlangsung di Warung Kopi (Warkop) Cinday, terletak di bilangan Tugu Pancasila, Desa Kawat, pada Jumat (6/1/2023).

Kegiatan rutin yang diusung Polsek Tayan Hilir ini, dipandu Wakapolsek Iptu Supariyanto didampingi Danramil 1204/07 Tayan Hilir, Kapten Inf Demianus Ruspana.

Selain itu dihadiri, Kepala Puskesmas Tayan, H Buyong, perwakilan Puskesmas Kawat, Agung, perwakilan Kecamatan Tayan Hilir, anggota Pol PP AL. Wowonsius S, Kepala Desa Pedalaman, Sunarto, Kepala Wilayah Dusun Kawat, Maulana, Ketua MABM H Irwansyah, Manager ER/CSR PT ICA, Heri, perwakilan PT Antam UBPB Kalbar, Akhmad Fathoni (Jeho), Ketua POM, Murjani, perwakilan TBBR, perwakilan GTP, Fera Dedi Saputra, perwakilan LPADK Binsika, sejumlah tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta pihak lainnya.

” Saya mewakili Pak Kapolsek, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, yang mana perayaan natal tahun 2022. Dan menyambut tahun baru 2023 bisa menjaga kamtibmas yang aman dan kondusif,”ucap Wakapolsek Tayan Hilir Iptu Supariyanto saat membuka “Jumat Curhat” ini.

Dalam sesi dialog berlangsung penuh kekeluargaan dan sesekali diselingi tawa dan canda tersebut, membahas berbagai hal yang intinya untuk kebersamaan demi Kecamatan Tayan Hilir yang lebih baik kedepannya.

Adapun poin-poin yang menjadi pembahasan dalam sesi dialog pada rangkaian ‘Jumat Curhat’ tersebut, diantaranya terkait masyarakat atau pengguna jalan yang parkir di jembatan Kapuas Tayan. Sehingga mengganggu pengendara yang lainya. Selain itu, guna memudahkan monitoring di kawasan Jembatan Kapuas Tayan, selain diperbanyak lampu penerangan. Dan disarankan untuk pemasangan kamera pengawas atau CCTV. Selanjutnya akan dilaksanakan koordinasi optimal ke pihak terkait.

Selanjutnya, rencana pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh. Kemudian, untuk penggalangan dana menjelang perayaan Imlek menjadi catatan akan dibahas pada Jumat Curhat pekan depan.

Kemudian perbaikan jalan antara wilayah Tayan Hilir – Meliau saat ini dalam pengerjaan sudah berjalan dibantu pihak swasta yang berada di wilayah Kecamatan Tayan Hilir.

Lantas, dibahas intensif soal perlunya penindakan kendaraan truck pengangkut CPO dalam kapasitas besar sangat laju dan ugal-ugalan saat melintas. Dan menganggu arus lalu lintas. Untuk ini, akan dilaksanakan koordinasi dengan satuan lalu lintas Polres Sanggau.

Disamping itu, disampaikan terkait akan ada aksi ormas Gerakan Tayan Peduli (GTP) akan melakukan penggalangan dana, dan dengan cara ngamen di jalan untuk membantu meringankan pengobatan dua orang warga yang saat ini menjadi pasien di RSUD Soedarso Pontianak.

“Semua saran dan masukan serta informasi yang disampaikan dalam momen ‘Jumat Curhat’ ini, tentunya akan kita tindaklanjuti bersama. Sehingga akan melahirkan sebuah langkah kebersamaan demi untuk Kecamatan Tayan Hilir yang kondusif dan aman dan damai kedepan,” ujar pria yang dikenal dekat dengan berbagai kalangan ini.

Momen ‘Jumat Curhat’ digelar Polsek Tayan Hilir ini sesuai dengan perihal Surat telegram dari Kapolri Nomor :ST/2812/XII/REN.2/2022, tanggal 29 Desember 2022 tentang kegiatan Jum’at Curhat serentak di seluruh provinsi, kabupaten/ kota dan kecamatan.

“Kegiatan Jumat Curhat dilaksanakan guna menjalin silaturahmi, menyerap informasi dan mencari solusinya. Selain itu, agar selalu terciptanya keharmonisan antara polisi dengan masyarakat dan unsur lainnya,” tutupnya.

Sebagai informasi, rencana ‘Jumat Curhat’ pada pekan depan akan berlangsung di Warkop Chi-Chi, terletak di Desa Pulau Tayan Utara. Adapun salah satu temanya, akan membahas tentang pengamanan hari raya Imlek dan Cap Go Meh tahun 2023.

Pewarta/editor : Sery Tayan