Categories: Antaranews

PNBP Imigrasi Entikong Sanggau capai Rp2,5 miliar dengan 228 ribu pelintas



Entikong (ANTARA) – Kepala Kantor Imigrasi Entikong wilayah Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat Sam Fernando mengatakan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dari Imigrasi Entikong pada Tahun 2022 mencapai Rp2,5 miliar dengan 228 orang pelintas di pintu batas RI-Malaysia di wilayah tersebut.

“Sejak adanya kebijakan kelonggaran bagi pelintas internasional antara Indonesia dan Malaysia membuat PNBP kami meningkat drastis dan menambah pendapatan untuk negara kita,” kata Sam Fernando, kepada ANTARA, di Entikong Sanggau, Minggu.

Disampaikan Fernando, atas kebijakan pemerintah Indonesia dan Malaysia setelah pandemi COVID-19 membuat pertumbuhan ekonomi masyarakat mengalami peningkatan, hal tersebut bisa terlihat dari jumlah pelaku perjalanan internasional yang melintasi tempat pemeriksaan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong.

Sejak April hingga Desember 2022, pelaku perjalanan luar negeri (PLN) tercatat 228 ribu orang terdiri dari 120 ribu orang masuk dari Malaysia ke Indonesia dan 108 ribu orang keluar dari Indonesia ke Malaysia.

“Tentunya itu memiliki dampak positif untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat, dengan harapan pada Tahun 2023 ini jumlah PNBP dari Imigrasi Entikong semakin meningkat,” katanya.

Dia mengatakan menginjak Tahun 2023 ini, dirinya telah menekankan kepada seluruh jajarannya agar dapat memenuhi resolusi yang ditetapkan oleh Kementerian Hukum dan HAM, khususnya dalam pelayanan, pengawasan serta penindakan keimigrasian dapat bekerja semakin Pasti dan Berakhlak dengan tetap bekerja secara cepat, tepat, ikhlas dengan hasil yang Akuntabel.

Dirinya juga berharap agar layanan dan pengawasan keimigrasian yang telah di berikan selama Tahun 2022 dapat ditingkatkan pada Tahun 2023 ini, sehingga jajarannya lebih profesional dan humanis dengan tetap berpegang pada standar operasional prosedur dan regulasi yang telah ditetapkan.

“Pelayanan yang humanis, namun tetap tegas dalam penindakan akan terus kamin tingkat dan juga berharap di Tahun 2023 ini, PNBP dari Imigrasi Entikong terus meningkat,” katanya.
 
 




Bagikan

Berita Terbaru

  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Dampingi Pj Gubernur Kalbar Meninjau Anak Penderita Stunting dan Warga Miskin

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H bersama Pj Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Ny. Lusia Suherman mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., yang didampingi Pj Ketua TP-PKK Kalbar, Ny.…

9 jam lalu
  • Kalimantan Today

Pj Gubernur Kalbar Serahkan Bantuan ke Anak Stunting dan Masyarakat Miskin Ekstrem di Kota Sanggau – Kalimantan Today

Foto—Pj Gubernur Kalbar menyerahkan bantuan kepada warga miskin ekstrem di Kota Sanggau, Minggu (03/03/2024)–ist   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson didampingi Ketua PKK Kalbar, Windy Prihastari melakukan kunjungan ke Kota Sanggau, Minggu (03/03/2024).…

13 jam lalu
  • Kalimantan Today

Lima Lokasi Tanah Bergerak di Kota Sanggau, BPBD Minta Masyarakat Waspada – Kalimantan Today

Foto—Tanah bergerak atau longsor yang terjadi di lima lokasi di Kota Sanggau, Jumat (01/03/2024)—-BPBD Sanggau KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau mencatat ada lima lokasi yang mengalami tanah bergerak atau longsor. Kelima…

13 jam lalu
  • Diskominfo

Hadiri Anniversary ke- 5 Viking Daranante Sanggau Tahun 2024, Ini Pesan PJ Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H menghadiri kegiatan Anniversary ke- 5 Viking Daranante Sanggau (Vidas) Tahun 2024. Kegiatan bertempat di Aula Outdoor Garden Palace Hotel Sanggau, Kabupaten Sanggau. Sabtu malam (2/3/2024).…

1 hari lalu