Categories: Antaranews

Imigrasi Entikong maksimalkan pelayanan hadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023



Entikong (ANTARA) – Kepala Imigrasi Kelas II Entikong perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Sanggau, Kalimantan Barat, Sam Fernando memastikan kesiapan petugas imigrasi dalam memberikan pelayanan maksimal menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

“Kami sudah mempersiapkan diri untuk pelayanan baik pelintas di pintu batas negara mau kemungkinan adanya lonjakan pemohon paspor,” kata Sam Fernando di Entikong Sanggau, Minggu.

Disampaikan Fernando, selain memastikan kesiapan pelayanan menjelang Natal dan Tahun Baru, juga persiapan petugas terkait perubahan peraturan antara lain adanya kebijakan dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang memberikan fasilitas kemudahan bagi wisatawan asal Asia Tenggara yang diberikan bebas visa untuk wisata serta penambahan negara Subyek VOA, berdasarkan Surat Edaran Dirjen Imigrasi yang terbaru.

Selain itu, dipastikan juga kesiapan petugas terhadap kemungkinan lonjakan pemohon paspor bagi masyarakat di wilayah Entikong, Sekayam dan beberapa daerah di Kabupaten Sanggau yang berdekatan dengan Kantor Imigrasi Entikong.

Dia menjelaskan sejak dikeluarkannya Permenkumham nomor 18 Tahun 2022, masa berlaku permohonan paspor bagi Warga Negara Indonesia berusia di atas umur 18 tahun berubah masa berlakunya dari lima tahun menjadi 10 tahun.

“Itu menambah daya tarik masyarakat untuk mengajukan permohonan paspor dengan biaya yang tetap,” kata Fernando.

Menurutnya, petugas Imigrasi Entikong juga dipastikan dapat menerapkan standar operasi (SOP) dan peningkatan kinerja yang semakin profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif (Pasti).

Fernando, juga terus mengingatkan agar seluruh pegawai tetap menjaga kesehatan saat bertugas dan tetap mematuhi protokol kesehatan, seiring bermunculannya varian baru dari mutasi COVID-19.

Dia menegaskan terkait pengamanan pada kantor Imigrasi Entikong agar tetap menjalankan mekanisme pertahanan, penanggulangan resiko sesuai dengan SOP yang ada.

Disamping itu, Fernando juga menyampaikan agar menerapkan prinsip kedaruratan dimana perlu untuk mengidentifikasi dan menyusun rencana dengan keadaan sekarang, potensi yang mungkin akan terjadi kedepannya sehingga perlu untuk merencanakan dan menyiapkan kemungkinan terburuk.

Dia pun berharap Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong jelang Tahun Baru 2023, senantiasa dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelaku perjalanan internasional di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong dan kepada pemohon dokumen perjalanan (paspor) bagi WNI juga izin tinggal bagi WNA.

“Kami terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dan Imigrasi Entikong dapat tetap waspada dan profesional dalam melaksanakan tugasnya demi stabilitas keamanan negara serta kemajuan perekonomian NKRI,” kata Fernando.

 




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

1 hari lalu