Categories: Disarpus

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Mendapatkan Penghargaan Perpustakaan Terbaik TK. Nasional


Peer Learning Meeting , Vasa Hotel Surabaya 6 Desember 2022

Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) kembali menyelenggarakan kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Nasional pada 5-6 Desember 2022 di Hotel Vasa, Surabaya, Jawa Timur. Peer Learning Meeting merupakan kegiatan sharing knowledge dan berbagi pengalaman dalam program transformasi perpustakaan.

Tahun ini, PLM mengambil tema “Gerakan Kolaborasi & Sinergi untuk Penguatan Literasi Masyarakat Berkelanjutan”. Sebanyak 33 provinsi, 315 kabupaten/kota, dan 275 perpustakaan desa mitra program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Acara ini mengundang Gubernur Provinsi Jawa Timur, anggota Komisi X DPR RI, Bappenas, Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota, pejabat struktural dan fungsional Perpustakaan Nasional, serta Konsultan Pendamping Program Transformasi Berbasis Inklusi.

PLM Nasional merupakan salah satu tahapan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Program TPBIS merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan.

Di era informasi, perpustakaan, sebagai penyedia layanan yang membuka akses masyarakat pada pengetahuan. Program TPBIS mendorong perpustakaan untuk menjadi sarana reproduksi pengetahuan ke dalam aksi nyata yang mensejahterakan.

Jutaan orang telah merasakan manfaat dari perpustakaan baik di provinsi, kabupaten/kota, maupun desa/kelurahan sehingga menjadi bagian dari program prioritas nasional yang tercantum dalam RPJMN tahun 2020-2024. Implementasi program dilakukan dengan menjalankan tiga strategi utama yakni peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat, dan advokasi.

Di samping itu, program transformasi perpustakaan juga mendorong keberlanjutan dan kemandirian perpustakaan melalui replikasi mandiri. Tercatat hingga tahun 2022 sudah 10 provinsi di 65 kabupaten/kota dan 1.122 desa/kelurahan telah melakukan replikasi mandiri.

Pada tahun 2022 ini, perpustakaan juga melakukan evaluasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2020-2021. Hasil dari evaluasi tersebut menyatakan program ini dinilai efektif dilihat dari beberapa hasil di bawah ini: Skor efektivitas program adalah 4,09 (Skala 1-5) yang termasuk dalam kategori baik, dengan skor dimasing-masing variabel efektivitas yaitu Ketepatan Sasaran: 3.98; Sosialisasi & Pemahaman Program: 4.26, Pencapaian Tujuan Program:  4.05, dan Pemantauan Program: 4.07.

PLM Nasional 2022 mengagendakan update capaian/keberhasilan TPBIS dari perpustakaan mitra program, testimoni atau success story dari para penerima manfaat layanan perpustakaan, sharing class (kelas berbagi) topik-topik yang relevan dengan transfomasi perpustakaan, hingga pameran produk industri rumah tangga mau pun UMKM hasil belajar di perpustakaan sebagai showcase bahwa perpustakaan berkontribusi nyata dalam pengembangan ekonomiserta  peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam kegiatan ini juga ada pemberian apresiasi kepada perpustakaan mitra program yang berprestasi .

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau Mendapatkan Penghargaan Perpustakaan Terbaik TK.Nasional.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

20 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

1 hari lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

1 hari lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

1 hari lalu