Categories: Kalimantan Today

Biaya Penerangan Jembatan Tayan Capai Rp 5 Miliar Pertahun – Kalimantan Today


Foto—Elvan Yodiskara

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Biaya pemeliharaan penerangan Jembatan Tayan pertahun ternyata cukup mahal. Mencapai Rp.5 miliar pertahun. Hal itu diungkapkan Kabid Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sanggau, Elvan Yodiskara.

“Estimasinya Rp.5 miliar lebih untuk penerangan jembatan Tayan itu. Itu kan lampunya kelas tinggi semua. Meterannya itu kan pakai voucer,” kata Elvan ditemui di ruang kerjanya, Senin (05/12/2022).

Ia mengatakan, Bupati Sanggau, Paolus Hadi pun sudah melayangkan surat ke Balai Pelaksana Jalan Nasional Kalimantan Barat sebagai perwakilan Kementerian PUPR di Kalbar tertanggal 23 November 2022. Isinya menyerahkan pemeliharaaan dan pembayaran Penerangan Jalan Umum (PJU) ke pemerintah pusat.

“Ada surat dari bupati. Memang harus mereka yang mengelolanya. APBD tidak mampu. Di Jembatan Tayan itu bukan lampu biasa. Sedangkan anggaran kita untuk PJU kita sekitar Rp. 4 miliar pertahun. Termasuk perawatan dan pasang baru. Belum lagi asesoris dan kalau ada trouble (masalah),” bebernya.

Elvan bahkan mengaku telah menjelaskan hal tersebut ke DPRD. Ketidakmampuan APBD mejadi alasan utama menyerahkan pemeliharaan UPJ Jembatan Tayan ke Pemerintah Pusat.

“Dulu kan pernah nyala sebentar waktu peresmian. Itu pakai voucer dibantu genset. Makanya yang pasti biayanya besar. Paling minim itu Rp.5 miliar. Sedangkan kita untuk perawatan tahun ini untuk perawatan saja hanya Rp. 900-an juta lebih,” pungkasnya.

Sebelumnya, meski telah diresmikan penggunaanya oleh Presiden Jokowi pada Maret 2016 lalu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengaku jembatan tersebut belum sepenuhnya diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Sanggau. PH, sapaan Paolus Hadi mengatakan, kemampuan daerah pun terbatas untuk pemeliharaan jembatan tersebut.

“Jembatan Tayan ini memang belum sepenuhnya asetnya diserahkan ke Pemerintah Daerah. Dulu ada untuk pemeliharaan mau didorong ke Pemda. Kami akan meminta supaya ini tetap dikelola oleh kementerian. Karena kemampuan daerah tidak mampu untuk memeliharanya, termasuklah lampu-lampu,” kata PH. (ram)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

17 jam lalu
  • Diskominfo

Buka Muscab DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3 DPC ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028, bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sanggau. Jumat (19/4/2024). “Harapannya…

17 jam lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

17 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 hari lalu