Napak Tilas Sejarah Perjuangan Pangsuma


SANGGAU- Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot M.Si bersama Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, SH M.Si melaksanakan penempatan papan prasasti situs perjuangan pangsuma di Suak-13, Dusun Nek Bidang Kabupaten Sanggau, kamis (1/12/2022).

Wakil Bupati Sanggau menyampaikan Kegiatan hari ini adalah penandaan situs-situs perjuangan Pangsuma dengan rencana besar validasi organisasi TNI Angkatan Laut mengunakan nama Pangsuma menjadi Komando Daerah Maritim (KODAMAR).

Pangsuma merupakan anak ketiga dari enam bersaudara. Pangsuma memiliki nama asli Bendera bin Dulung, namun ada pula yang menyebutya Menera.

Sosok Pangsuma yang mampu melawan penjajahan Jepang dengan Kapal yang sudah modern pada saat itu dengan senjata seadanya mampu mempertahankan harga diri negara mampu melawan angkatan laut Jepang yang menjadikan salah satu alasan TNI Angkatan Laut mengunakan nama Pangsuma sebagai salah satu nama pahlawan lokal Kalimantan Barat menjadi pangkalan utama TNI Angkatan Laut (LANTAMAL) yang nanti akan menjadi Komando Daerah Maritim KODAMAR.

Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, SH M.Si menyampaikan Penggunaan nama Pangsuma serta kegiatan ini merupakan salah satu upaya TNI Angkatan Laut untuk mengangkat dan mengaungkan nama Pangsuma pada skala lebih luas di masyarakat Indonesia pada umumnya dan Kalimantan Barat.

Dengan kegiatan napak tilas perjuangan pangsuma ini dan kedapan nama ini akan kita usulkan akan menjadi pangkalan utama TNI Angkatan Laut (LANTAMAL) yang nanti akan menjadi Komando Daerah Maritim KODAMAR VI PANGSUMA dan ini sudah sesuai apa yang kita inginkan agar nama dari (KOMADAR) ini mengambil nama pahlawan yang berjuang di Laut dari Kalimantan Barat ini. Sosok dari Pangsuma ini merupakan sosok yang tepat yang bisa kita buktikan dimana perjuangannya benar-benar ada.

Wadan lantamal XII Disampaikan juga untuk masyarakat Dayak para penerus perjuangan pangsuma ini pembela NKRI bergabung dengan TNI Angkatan Laut sebagai prioritas dari daerah dan nantinya akan di tugaskan di kesatuan masing-masing daerahnya,”tegasnya.

Harapan kami jiwa kesatria dan kepahlawanan Pangsuma ini bisa menjadi suri teladan buat kita semua terutama pangkalan komando daerah maritim KODAMAR VI PANGSUMA.

nantinya Peresmian KODAMAR VI PANGSUMA bisa di hadiri oleh dari Pemerintah Daerah, tokoh adat dayak dan keluarga.