Categories: Diskominfo

Kabupaten Sanggau Menerima Penghargaan Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan


Kabupaten Sanggau menerima Penghargaan Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan (IDSDB) dari Katadata pada Pilar Tata Kelola senin, (1/12/2022)

Penghargaan diserahkan pada acara Katadata Regional Summit yang diselenggarakan oleh Katadata bersama Konsorsium Daya Saing Daerah Berkelanjutan pada Kamis, 1 Desember 2022, malam, di Jakarta.

Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Ketua Program Unit Kebijakan dan Peraturan, Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL). Dalam sambutannya, Paolus Hadi menyampaikan terima kasih telah memilih Kabupaten Sanggau untuk menerima penghargaan IDSBD dari Katadata.

“Terima kasih kepada Katadata atas apresiasi yang diberikan kepada Kabupaten Sanggau yang dianggap memiliki daya saing daerah yang berkelanjutan. Apa yang dilakukan Kabupaten Sanggau yaitu usaha-usaha untuk menyeimbangkan pembangunan kabupaten dengan perlindungan lingkungan, dan di saat bersamaan juga mengedepankan kesejahteraan masyarakat. Capaian ini akan membuat kami pemkab Sanggau lebih gencar dalam upaya realisasi pembangunan yang berkelanjutan,” kata Paolus Hadi.

Paolus Hadi mengaku gembira akhirnya bisa melihat indikator lingkungan yang baik disandingkan dengan indikator ekonomi, tata kelola dan kemudahan berusaha untuk mendongkrak daya saing daerah. Di sisi lain, Paolus juga mengatakan bahwa Kabupaten Sanggau sangat konsisten dalam upaya percepatan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Paolus menyebut bahwa penghargaan ini merupakan pemecut bagi Pemerintah Kabupaten Sanggau untuk lebih meningkatkan pengelolaan APBD, daya saing daerah berkelanjutan serta berbagai program yang berkelanjutan dan mengedepankan kesejahteraan masyarakat di Sanggau.

“Ke depan akan terus ada inovasi-inovasi pembangunan berkelanjutan di Sanggau demi kontribusi positif untuk warga masyarakat Sanggau,” katanya. Salah satu upaya yang dilakukan Sanggau adalah dengan adanya TAKE (Transfer Anggaran Berbasis Kinerja Ekologis) melalui Perbup Sanggau Nomor 59 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pengalokasian Alokasi Dana Desa. Skema TAKE merupakan strategi alokasi anggaran berbasis kinerja lingkungan, di mana pemerintah kabupaten mengalokasikan dana fiskal ke desa penerima manfaat berupa insentif keuangan.

Kerangka dasar Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan terdiri atas lingkungan lestari, ekonomi unggul, sosial inklusif, dan tata kelola baik. Pemilihan kabupaten pemenang didasarkan studi yang dilakukan oleh Katadata sejak kuartal I 2022.

Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan dikembangkan dengan tujuan membangkitkan semangat daerah dalam meningkatkan daya saing yang berkelanjutan. Upaya ini sejalan dengan agenda pemerintah untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan  merupakan bagian dari inisiatif dan komitmen Konsorsium Daya Saing Daerah Berkelanjutan untuk mendukung implementasi pembangunan berkelanjutan dan rendah karbon di daerah.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

2 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

2 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

2 jam lalu