Categories: Diskominfo

Sanggau Persiapkan Tenun Sabang Merah


//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sanggau mengadakan kegiatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Produksi Alat Tenun Bukan Mesin bertempat di Dekranasda Kabupaten Sanggau. Rabu (30/11/2022).

Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau, Arita Apolina mengatakan bahwa kegiatan pelatihan tenun ini pertama kali selenggarakan di Kabupaten Sanggau melalui dinas Perindagkop, dalam hal ini Dekranasda sebagai tempat kegiatan pelaksanaan.

“Tentu kita sangat menyambut baik, karena kegiatan ini mencerminkan suatu inovasi baru, kreatifitas baru khususnya di bidang kerajinan yaitu tenun. Tenun ini yang pertama kali di Kabupaten Sanggau. Oleh karena itu banyak hal yang perlu kita persiapkan berkaitan dengan sumber daya manusianya, karena kita bukanlah penenun, saya yakin dengan dasar-dasar kegiatan dan pelatihan secara terus menerus dan program yang berkelanjutan nantinya bisa berlansung lebih baik,” tutur Arita.

Lanjut istri orang nomor satu di Bumi Daranante ini berpesan bagi para peserta, karena ini masih tahap pengenalan bagi para peserta bagaimana awal ide untuk mencetuskan tenun dengan ciri khas Kabupaten Sanggau yaitu tenun Sabang Merah.

“Harapan kita melalui proses, kita diberi kesempatan, peserta maupun masyarakat yang punya bakat, minat dan talenta untuk mengembangkannya di Dekranasda ini. Mari bergabung dan terus berupaya melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif untuk masyarakat kita,” ajaknya.

Arita juga berharap ke depannya akan ada proses peningkatan ekonomi dengan pengelolaan hasil tenun tersebut.

“Selain dari membuat sejarah untuk Kabupaten Sanggau, tentu banyak hal yang perlu kita persiapkan, terutama dari hasil tenun kita, apakah nanti kita menyiapkan sejenis lomba, lomba hasil karya tenun, lomba desain tenun atau proses pengenalan tenun kita ke daerah lain atau lebih nusantara apa yang sudah kita lakukan,” ujarnya.

“Nah proses inilah yang perlu kita hadapi dan tentu nantinya punya tantangan-tantangan tersendiri yaitu bagaimana SDM ini bisa menerima, kemudian meneruskannya, inilah tugas–tugas kita ke depan. Oleh sebab itu perlu partisipasi masyarakat kita semua untuk mendukung bagaimana kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik. Sehingga bisa lebih menjanjikan dari sisi perekonomian, keterampilan, dari sisi pengelolaan manajemen terutama pengembangannya kedepannya,” sambung wanita yang jago berpantun ini.

Sementara itu, Kabid Perindustrian dan UMKM pada Dinas Perindagkop Kabupaten Sanggau, Silvester Roy mengatakan bahwa pelatihan tenun ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat jangka panjang.

Apalagi dimasa pasca pandemi ini banyak yang terdampak di sektor UMKM khususnya masyarakat yang ekonomi menengah. Ia menyampaikan bahwa pelatihan ini bukan sekedar bantalan seperti jangka pendek melainkan lebih ke jangka panjang.

“Yaitu bagaimana meningkatkan sumber daya masyarakat untuk membuat suatu produk yang notabene punya pendekatan kedaerahan, kenapa pendekatan kedaerahan karena itu bisa masuk menjadi kategori barang khusus, barang yang bisa menjadi image, barang menjadi khas oleh-oleh sehingga perajin itu setidaknya punya pasar dengan benda-benda hasil perajin itu sendiri,” tutur Roy.

Lanjut Roy dengan hasil pelatihan yang diberikan oleh Andre asal Majalaya Bandung ini, tentu mempunyai tujuan sehingga terciptanya sentra-sentra atau kelompok usaha yang berbasis tenun dan muaranya nanti Sanggau punya tenun.

“Tenun ini akan kita namakan tenun Sabang Merah yang notabene juga bisa menjadi produk unggulan daerah itu harapan kedepannya,” harapnya.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Surat Undangan Tahapan Seleksi Calon Karyawan BPJS Kesehatan 22-23 April 2024 – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar kembali surat undangan tahapan seleksi calon karyawan mengatasnamakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dalam surat tersebut calon karyawan diminta untuk hadir ke Jl. Letjend Suprapto Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat pada…

5 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Penawaran Tebus Murah iPhone Mengatasnamakan Puskesmas Kuta Utara – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan informasi di media sosial Instagram resmi milik Puskesmas Kuta Utara terkait penawaran tebus murah ponsel dengan merek iPhone 14 Pro Max 256GB. Dalam unggahan tersebut disebutkan bahwa ponsel tersebut berwarna deep…

5 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengajuan Pinjaman Online BNI Melalui TikTok – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah akun yang mengatasnamakan Bank BNI dengan nama akun @pinjaman.bankbni pada platform TikTok. Pada akun tersebut terdapat narasi yang menyebutkan "silahkan hubungi 083867617878".   Dikutip dari situs turnbackhoax.id, akun tersebut bukanlah akun…

5 jam lalu
  • Laporan Hoax

[Hoaks] Tiga Orang Anak Berusia Sepuluh Tahun Lolos dari Penculikan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah pesan berantai WhatsApp yang mengeklaim bahwa terdapat tiga orang anak berusia sepuluh tahun berhasil lolos dari penculikan di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Faktanya, klaim yang beredar tersebut adalah tidak benar.…

5 jam lalu