DISKOMINFO

Tampil di Poncast Tribun Pontianak, Bupati Sampaikan Pentingnya Pembangunan SDM Kabupaten Sanggau


PONTIANAK-Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si menghadiri acara triponcast Tribun Pontianak, yang digelar secara live pada Senin, 28 November 2022.

Pada acara tersebut ia menjelaskan pembangunan SDM Kabupaten Sanggau sejak awal menjabat sebagai Bupati Kabupaten Sanggau.

“Ketika saya memulai menjadi seorang Bupati Kabupaten Sanggau saya punya data dimana yang saya lihat dulunya rata-rata masih sangat rendah dan banyak yang belum lulus SD,” katanya.

Ia juga menjelaskan kalau jaman dulu memang setiap orang tua terutama orang tua kebanyakan lulus SD tidak itu masalah, tapi sekarang pendidikan sarjana itu menjadi sangat penting dan bukan berarti SMA/SMK itu tidak penting, itu juga sangat penting untuk beberapa perusahaan yang memang membutuhkannya.

“Ketika saya lihat data sarjana juga dulu masih sangat rendah Sanggau, apalagi untuk masyarakat yang usianya 25 Tahun keatas itu rata-rata masih lulusan SD hingga 1 SMP tapi dibawah 25 tahun sudah mulai terdorong untuk menjadi seorang Sarjana walaupun belum maksimal,” katanya.

Setelah melihat data yang dulunya untuk dunia pendidikan Kabupaten Sanggau rata-ratanya masih sangat rendah, dan mulai mendorong melaui pendidikan formal maupun non formal.

“Mulai dari situ lah akhirnya saya melihat data ini untuk kita juga support dan mendorong masyarakat Sanggau untuk berkembang selain dalam pendidikan formal tapi juga kita bantu untuk pendidikan non formal,” katanya.

Dan sekarang ia jua menjelaskan perkembangannya sudah sangat luar biasa, karena sudah punya hampir seribuan orang juga yang mengikuti beasiswa dan kuliah di salah satu universitas di Jawa, ada juga di kedokteran, Pontianak juga untuk yang formal.

“Kalau untuk yang non formal kita support juga dan kita tingkat, karena kita punya sekolah untuk memastikan orang-orang yang harusnya sudah lulus SD atau SMP, seperti program paket A, paket B, paket C, itu juga kita sediakan,” katanya.

Selain itu ia juga menjelaskan untuk saat ini sekolahan Sanggau sudah cukup banyak dan sangat baik, saat ini juga sudah mulai menyebar ke dusun-dusun.

“Walaupun memang untuk infrastruktur belum 100 persen tapi 80 persen sudah baik,” katanya.