Categories: Diskominfo

Bupati Sanggau Sampaikan Dua Inovasi Unggulan Dalam Tahap Penilaian IGA 2022


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi sambut kedatangan dari Tim validasi lapangan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dalam rangka penilaian Innovative Governmant Award (IGA) Tahun 2022, Bertempat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sanggau, Minggu (27/11/2022).

Usai peninjauan, Kepala BSKDN Kemendagri RI, Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd ketika diwawancara menyampaikan bahwa dirinya bersama tim pada kesempatan tersebut melaksanakan kegiatan peninjauan dan validasi sebagai bagian dari penilaian Innovative Governmant Award.

“Pada beberapa hari yang lalu Pak Bupati Sanggau sudah melakukan paparan tentang inovasi yang dipilih. Dan banyak inovasi-inovasi di Kabupaten Sanggau, akan tetapi ada yang terpilih yaitu layanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, yang dikenal dengan Lapiz Jempol yaitu Pelayanan Perizinan Terpadu Jemput Bola dan selanjutnya yang berada di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, yang dikenal dengan SIDOMPU yaitu Sistem Informasi Data kemiskinan Terpadu,” kata Kepala BSKDN Kemendagri RI, Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd.

Kepala BSKDN Kemendagri RI, Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd juga sampaikan bahwa dirinya sangat menghargai dua inovasi ini yang dimana Lapiz Jempol mewakili inovasi yang non digital.

“Yang dimana kita ketahui Kabupaten Sanggau menjadi bagian dari Republik Indonesia dan yang kebetulan wilayahnya berada di wilayah perbatasan. Nah, keterjangkauan infrastruktur ini menjadi tantangan Pak Bupati diselesaikan dengan cara-cara yang inovatif, diantaranya dengan melakukan kunjungan menjemput pelayanan perizinan yang dibutuhkan oleh masyarakat hingga di pelosok-pelosok desa yang ada di Kabupaten Sanggau,” ujarnya.

Yang berikutnya, lanjut disampaikan Kepala BSKDN Kemendagri RI yaitu SIDOMPU ini merupakan layanan yang dilakukan secara digital untuk mengkonfirmasi keberadaan atau memvalidasi data-data orang miskin yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Dan ini sangat penting untuk bisa mengetahui stratifikasi kemiskinan itu sendiri, dengan demikian kita bisa memberikan intervensi yang lebih tepat dengan target tepat sasaran untuk memberikan pelakuan kepada kelompok orang miskin. Dengan harapan tentu mereka akan keluar dari tingkat kemiskinan, sehingga menjadi warga yang bisa membayar pajak, bisa hidup secara sejahtera dan bahagia sebagai warga negara Indonesia,” ucap Kepala BSKDN Kemendagri RI, Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sanggau Paolus Hadi mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Kepala BSKDN Kemendagri RI, Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd  beserta tim yang pada hari ini sudah melihat banyak terkait apa yang sudah kami lakukan yang saya presentasikan kemarin.

“Apa yang beliau lihat di Kabupaten Sanggau ini semoga apa yang kami lakukan ini betul-betul bermanfaat. Sebuah inovasi itu memang suatu strategi baik yang harus kita lakukan untuk memperbaiki banyak hal yang mungkin menjadi kelemahan kita yang belum terlihat dan belum mampu mengurusnya,” ucap PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

“Dengan inovasi ini akhirnya kita mencoba memperbaiki banyak hal mengenai yang disampaikan oleh Bapak Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd tadi. Dua inovasi baik digital maupun non digital yang kami tonjolkan di Kabupaten Sanggau. Semoga ini menjadi salah satu hal positif juga untuk bisa dikembangkan ke daerah lain dan kalau rezeki semoga kita bisa meraih juara,” ucap Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Penulis         : Alfian


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

22 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

1 hari lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

1 hari lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

1 hari lalu