Categories: Diskominfo

Bupati Sanggau Membuka Open Turnamen Menyumpit Se-Kalimantan Barat


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi S.IP M. Si membuka Open Turnamen Menyumpit Se – Kalimantan Barat, dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Olahraga Sumpit Kabupaten Sanggau VI dan Hari Pahlawan Nasional tahun 2022, Sabtu (26/11/2022).

Open turnamen Menyumpit kali ini dihadiri oleh pengiat sumpit Kabupaten/Kota Se-Kalbar yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Landak, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak dan Kota Singkawang.

Perlombaan Menyumpit ini mengunakan tiga kategori yaitu kategori perorangan putra dengan jumlah peserta 36 orang, kategori perorangan putri 21 orang, kategori beregu campuran 20 Regu.

Ketua Panitia Menyampaikan Turnamen ini diselenggarakan atas dasar kerinduan terhadap pengiat olahraga tradisional, khususnya Menyumpit serta menjalin tali silaturahmi antar sesama pengiat sumpit, menjaga dan melestarikan budaya leluhur kami,”ujarnya.

Serta Turnamen ini juga bertujuan untuk menyalakan kembali api semangat kita, seperti semangat Pahlawan, dengan semangat “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang suku, ras, agama,” tegasnya.

Ketua Umum KORMI Kabupaten Sanggau periode 2022-2026 , Epifania Ratih Kumala Dewi dalam sambuntannya menyampaikan banyak yang bertanya-tanya apa itu FORMI, nah FORMI adalah singkatan dari Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia, yang mana telah mewadahi beberapa cabang olahraga tradisional maupun modern.

Adapun tujuan dari berdiri wadahnya olahraga rekreasi ini di antaranya mensosialisasikan peraturan Gubernur nomor 9 tahun 2010, tentang penyelenggaraan keolahragaan. Kemudian menyetarakan FORMI dan KONI, karena sama-sama memiliki hak kedudukan dalam undang-undang keolahragaan Nasional, artinya FORMI setara dengan KONI hanya lingkupnya saja yang berbeda, kalo FORMI di bidang olahraga rekreasi sedangkan KONI di bidang olahraga prestasi, jelasnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi S.IP M.Si dalam Sambutannya menyampaikan Selamat datang di Kabupaten Sanggau kepada para peserta tim sumpit dari Kabupaten/Kota Se-Kalbar, selaku Pembina FORMI dirinya merasa senang melihat tim sumpit selalu kompak, tentu sebagai keluarga besar sumpit Kalbar selalu memberi semangat baru untuk mengabadikan nilai-nilai tradisi yang ada karena sumpit ini mengandung banyak unsur, baik itu seni, budaya juga ketangkasan dan seterusnya karena pada zaman dahulu sumpit digunakan masyarakat untuk berburu.

Bupati menjelaskan sumpit merupakan senjata tradisional masyarakat Kalimantan yang digunakan sebagai alat berburu dan melawan penjajah.

Namun seiring perkembangan jaman sumpit mengalami perubahan fungsi sebagai seni ketangkasan tradisional. Serta diperlombakan di tingkat daerah dan nasional bahkan internasional.

“lomba ini juga untuk melestarikan nilai dan kearifan lokal. Menyampaikan kepada generasi muda bahwa kita punya kearifan lokal yang bernilai tinggi seperti menyumpit ini”,ujarnya.

Selanjutnya, selamat bertanding kepada para peserta, jaga sportivitas, jalin kebersamaan antar tim, tetap solid dan raihlah prestasi, ucap Bupati.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

15 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

21 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

21 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

1 hari lalu