[DISINFORMASI] Video Erdogan Menolak Menjabat Tangan Presiden Jokowi dan Lebih Memilih Menyalami Anies di G20 – 20/11/2022

Penjelasan :

Beredar video di media sosial YouTube berisi beberapa cuplikan yang digabungkan disertai narasi yang mengklaim Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menolak berjabat tangan dengan Presiden Jokowi dan memilih berjabat tangan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

Faktanya, klaim tersebut tidak benar. Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui video tersebut adalah hasil penggabungan beberapa rekaman dan foto yang tidak saling berkaitan. Adapun dokumentasi foto Anies bersama Presiden Erdogan diambil pada 2018 saat Anies melakukan ke Turki pada April 2018 silam. Foto itu diunggah Anies di akun Instagramnya pada 20 April 2018, sedangkan narasi dalam video identik dengan artikel berita yang diunggah detik.com berjudul “Kunjungi Turki, Anies Baswedan Bertemu Erdogan” 20 April 2018. Sementara itu, dilansir dari merdeka.com, Presiden Jokowi menerima dan menyambut secara langsung kedatangan pemimpin berbagai negara di KTT G20 salah satu di antaranya adalah Presiden Turki Erdogan di KTT G20 Nusa Dua, Bali, pada Selasa, 15 November 2022.

 

Link Counter: