Categories: Kalimantan Today

Pemkab Sanggau Terima Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah Pusat dalam Hal Pembudayaan Gemar Membaca – Kalimantan Today


Foto-Bupati Sanggau, Paolus Hadi menerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka di Jakarta, Senin (14/11/2022)–ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Kabupaten Sanggau menerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Senin (14/11/2022) di Jakarta.

Nugra Jasa Dharma Pustaloka merupakan apresiasi tertinggi dari pemerintah terhadap pejabat publik, tokoh masyarakat, pegiat literasi, media massa, jurnalis, pelestari naskah kuno, buku terbaik, dan lifetime achievement.

Pengharggan tersebut diberikan kepada Bupati Sanggau Paolus Hadi sebagai pejabat publik yang telah berhasil dalam rangka pembudayaan kegemaran membaca kepada masyarakat.

“Terima kasih juga untuk masyarakat Kabupaten Sanggau, karena dukungan masyarakat yang telah memercayakan Pemerintah Kabupaten Sanggau sehingga bisa mendapatkan penghargaan ini,” kata PH, sapaam Paolus Hadi.

Orang nomor satu di Bumi Daranante itu menyebut Nugra Jasa Dharma Pustaloka didapat sebagai apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah karena telah mendukung prioritas pembangunan Presiden Republik Indonesia dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, yakni revolusi mental dan pembangunan kebudayaan yang merupakan kegiatan prioritas nasional untuk memperkuat budaya literasi dalam mewujudkan masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter.

“Sebagai komitmen pertanggungjawabannya, layanan-layanan literasi, layanan perpustakaan dan perpustakaan digital serta perpustakaan berbasis inklusi sosial ini akan terus ditingkatkan dan dijadikan program yang berkelanjutan,” terang PH.

Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Arita Apolina menyebut penghargaan yang diterima bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-55 tahun ini merupakan tantangan besar yang harus dimaksimalkan implementasinya, serta harus didukung banyak pihak.

“Karena literasi ini bukan hanya sebatas keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara saja. Literasi itu juga mencakup pemahaman apa yang dibaca, ditulis, dan diungkapkan. Semua ini tidak terlepas dengan kemampuan individu dalam berbahasa.

Oleh sebab itu pentingnya kita mengkampanyekan gerakan untuk meningkatkan minat baca, dan kebiasaan kegemaran membaca di masyarakat,” beber Arita yang saat itu hadir acara tersebut.
Senada diungkapka, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sanggau, Sukri. Ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau memanfaa

tkan sarana dan prasarana yang ada untuk meningkatkan literasi, di antaranya perpustakaan.
“Selain kita punya gedung perpustakaan yang banyak dengan buku-buku, kita juga punya perpustakaan digital iSanggau,” ujar Sukri. (ram)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

1 hari lalu