DISKOMINFO

Kabupaten Sanggau Raih Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2022


//DISKOMINFO – SANGGAU//

PONTIANAK – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau Sudarsono, S.Sos serta Bunda PAUD Kabupaten Sanggau Ny. Arita Apolina, S.Pd.,M. Si menghadiri kegiatan Pertemuan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) lintas Setoral dan Penyerahan Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2022 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat. Rabu (16/11/2022).

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH., M.Hum mengingatkan agar pola makanan anak diatur sejak dini.

“Makanan mempengaruh besar terhadap kemajuan bangsa. Gemar mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan SDM yang baik, jadi perlu diperhatikan makanan anak-anak kita sejak dini,” ujar Gubernur Kalimantan Barat.

Gubernur Kalimantan Barat juga mengingatkan pentingnya konsumsi ikan dan susu bagi anak-anak PAUD, sehingga dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

“Orangtua harus dapat mampu membuat anak-anak semangat mengkonsumsi ikan, karena itu bagus untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak. Selain ikan, saya rasa susu juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, agar anak kita kedepan menjadi SDM yang maju dan berdaya saing” pungkasnya.

Ia kemudian menyampaikan ucapan selamat kepada beberapa Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan

“Saya ucapkan selamat kepada Bunda PAUD yang telah menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. Semoga kita bersama dapat memajukan PAUD yang ada di Kalimantan Barat, sehingga mendukung peningkatan SDM yang ada di Kalbar ini” ujar H. Sutarmidji.

Selanjutnya saat diwawancarai Bunda PAUD Kabupaten Sanggau Ny. Arita Apolina, S.Pd., M.Si menyampaikan keinginannya bahwa penghargaan Wiyata Dharma Utama merupakan motivasi yang menjadikannya untuk berproses yang lebih baik, lebih kreatif dan inovatif.

Hal tersebut disampaikannya usai menerima Piagam Penghargaan Wiyata Dharma Utama dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makariem.

“Itu harapan utamanya, terlebih untuk lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Sanggau, karena Pemberian Apresiasi Bunda PAUD ini merupakan upaya untuk merekognisi dan mengakselerasi peran Bunda PAUD dalam menggerakkan penyediaan layanan PAUD melalui Apresiasi Bunda PAUD,” ujar Arita.

“Tentu ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua khususnya Kabupaten Sanggau karena penghargaan ini merupakan kerjasama kita bersama. ” ucap Bunda PAUD Kabupaten Sanggau.

Arita Apolina yang juga Bunda Literasi Kabupaten Sanggau tersebut menyebutkan salah satu tujuan Pendidikan Anak Usia Dini adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih baik, mandiri, cerdas dan berakhlak mulia sejak dini.

“Maka dari itu, kita berupaya untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Sanggau yang maju dan terdepan dimana putra-putrinya bersumber daya manusia yang cerdas, tertib dan tentu mempunyai visi misi yang luas untuk Kabupaten Sanggau,” ujarnya.

“Tentu kerjasama ini akan terus kita tingkatkan sehingga mendorong kemajuan Pendidikan Anak Usia Dini yang ada di Kalimantan Barat secara khusus di Kabupaten Sanggau,” sambungnya.

Ia juga menjelaskan dukungan Kepala Daerah dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Sanggau yang sudah terjalin dengan baik.

“Saya rasa, peran Kepala Daerah melalui Dinas terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan, selama ini sudah terjalin dengan baik, kita dapat bekerja sama melaksanakan program-program sebagai upaya meningkatkan pendidikan yang ada di Kabupaten Sanggau,” jelas Ny. Arita Apolina.

Di akhir wawancara ia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat, yang telah berkarya dalam memajukan pendidikan khususnya PAUD yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Terimakasih kepada semua pihak, semoga kita semua dapat terus berkarya dan berkolaborasi untuk mewujudkan Visi Misi Kepala Daerah yakni “Sanggau Pintar”. Sehingga anak-anak kita semakin cerdas dan sehat kemudian hari,” pungkas Bunda PAUD Kabupaten Sanggau.