Categories: Diskominfo

Pemkab Sanggau Dapat Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka


//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU – Jelang penghujung tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali mendapat penghargaan skala nasional. Kali ini Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memberikan penghargaan berupa Nugra Jasa Dharma Pustaloka sebagai apresiasi tertinggi dari pemerintah terhadap pejabat publik, tokoh masyarakat, pegiat literasi, media massa, jurnalis, pelestari naskah kuno, buku terbaik, dan lifetime achievement.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Bupati Sanggau Paolus Hadi sebagai pejabat publik yang telah berhasil dalam rangka pembudayaan kegemaran membaca kepada masyarakat. Saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional Republik  Indonesia.

“Terima kasih juga untuk masyarakat Kabupaten Sanggau, karena dukungan masyarakat yang telah mempercayakan Pemerintah Kabupaten Sanggau sehingga bisa mendapatkan penghargaan ini,” ucap Bupati usai menerima penghargaan pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2022 di Integrity Convention Center  Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta. Senin (14/11/2022).

Orang nomor satu di Bumi Daranante ini juga menyebutkan bahwa Nugra Jasa Dharma Pustaloka didapat sebagai apresiasi Pemerintah Pusat kepada kepala daerah karena telah mendukung prioritas pembangunan Presiden Republik Indonesia dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020 – 2024, yakni revolusi mental dan pembangunan kebudayaan yang merupakan kegiatan prioritas nasional untuk memperkuat budaya literasi dalam mewujudkan masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter.

“Sebagai komitmen pertanggungjawabannya, layanan-layanan literasi, layanan perpustakaan dan perpustakaan digital serta perpustakaan berbasis inklusi sosial ini akan terus ditingkatkan dan dijadikan program yang berkelanjutan,” ujar Paolus Hadi.

Hal senada disampaikan Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Arita Apolina, Ia menyebutkan penghargaan yang diterima bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-55 tahun ini merupakan tantangan besar yang harus dimaksimalkan implementasinya, serta harus didukung banyak pihak.

“Karena literasi ini bukan hanya sebatas keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara saja. Literasi itu juga mencakup pemahaman apa yang dibaca, ditulis, dan diungkapkan. Semua ini tidak terlepas dengan kemampuan individu dalam berbahasa. Oleh sebab itu pentingnya kita mengkampanyekan gerakan untuk meningkatkan minat baca, dan kebiasaan kegemaran membaca di masyarakat,” ujar Arita yang saat itu hadir di acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sanggau, Sukri mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau agar memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada untuk meningkatkan literasi, diantaranya perpustakaan.

“Selain kita punya gedung perpustakaan yang banyak dengan buku-buku, kita juga punya Perpustakaan Digital iSanggau,” ujar Sukri.

Penghargaan ini atas didasari UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Pasal 51 ayat 6 bahwa, Pemerintah wajib memberikan penghargaan gerakan pembudayaan kegemaran membaca kepada masyarakat baik perseorangan, kelompok, dan atau lembaga yang telah berhasil meningkatkan minat baca, dan kebiasaan kegemaran membaca di masyarakat melalui pendayagunaan perpustakaan.

Penulis : Christ TCG Dokpim Setda Sanggau

Editor : E.A.Lusy


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

17 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

22 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

22 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

1 hari lalu