[DISINFORMASI] Amerika Serikat Kirim 6 Bomber Nuklir dan Kapal Induk untuk Halangi Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT G20 di Bali – 13/11/2022

Penjelasan :

Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang memperlihatkan kapal induk Amerika Serikat dan sejumlah pesawat tempur dengan narasi bahwa Amerika Serikat mengirimkan 6 bomber nuklir dan kapal induk ke Nusa Tenggara Timur (NTT) agar Presiden Joko Widodo tidak melawan Australia dan batal mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Pasalnya, jika Presiden Rusia Vladimir Putin datang bersamaan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, perairan laut Bali akan dipenuhi dengan kapal perang dan kapal induk milik Amerika Serikat dan Rusia yang siap saling menyerang.

 

Berdasarkan penelusuran cekfakta.tempo.co, klaim dalam video yang beredar tersebut adalah keliru. Faktanya, video tersebut merupakan hasil suntingan yang menggabungkan sejumlah dokumentasi video dengan konteks berbeda dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan KTT G20 di Bali. Media Australia abc.net.au, menyebut bahwa Amerika Serikat berencana menempatkan 6 bomber berkemampuan nuklir ke Australia Utara, bukan di NTT. Sedangkan Becca Wasser dari Center for New American  Security  mengatakan menempatkan B-52 di Australia Utara adalah peringatan bagi Cina karena persiapan serangan Beijing terhadap Taiwan sedang meningkat.

 

Link Counter: