Pesan Mgr Agustinus untuk Uskup Terpilih Sanggau


SANGGAU, RUAI.TV – Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus, memimpin Ibadat Vesper Agung, Kamis (10/11/2022) sore di Gereja Katedral “Hati Kudus Yesus” Keuskupan Sanggau. Ini merupakan rangkaian ritus pendahuluan, sebelum Tahbisan Episkopal untuk Uskup Terpilih Keuskupan Sanggau, Jumat (11/11/2022).

Ibadat Vesper Agung merupakan rangkaian janji setia Uskup Terpilih kepada Sri Paus, pengakuan iman, dan pemberkatan berbagai peralatan pelayanan Uskup Terpilih.

Mgr Agustinus berpesan kepada Uskup Terpilih Keuskupan Sanggau, Valentinus Saeng, CP saat memberikan homili. Dia menyebut, kunci menjadi seorang gembala yang baik tidak ada cara lain selain rendah hati.

Baca juga: Ritual Dayak Sambut Dubes Vatican di Sanggau

“Setinggi apapun sekolahnya, sehebat apapun dirinya jika tanpa dasar sikap rendah hati, semua akan sia-sia,” ujar Uskup Agustinus.

Berikutnya, sikap untuk mampu ‘melebur’ bersama umat yang dinahkodai. Peranan gembala yang dekat dengan umat merupakan kunci membuka persaudaraan dan komunikasi. Supaya hubungan gereja dengan umat dan pemerintahan menjadi tempat penyalur cinta kasih Kristus.

Uskup Agustinus berpesan, agar kegembalaan Uskup Valentinus Saeng CP menjadi rendah hati. Memiliki iman tidak berarti memiliki jawaban atas segalanya.

Baca juga: Dubes Vatican Tiba di Kalbar, Hendak Tahbiskan Uskup Sanggau

“Jika melihat saudara rekan kerjanya sebagai saingan, maka yang terjadi adalah perpecahan. Dan dari sana mulainya bibit kesombongan. Maka lihatlah rekan kerja kita dalam Keuskupan sebagai saudara. Bukan sebagai saingan, saling mendukung,” pesan Uskup Agustinus.

Duta Besar Vatican untuk Indoensia, Mgr Piero Pioppo menjadi penahbis utama untuk Uskup Terpilih Sanggau, Valentinus Saeng, CP. Ignatius Kardinal Suharyo, Uskup Agung Jakarta, menjadi penahbis pendamping pertama.
Sementara, Mgr Guilio Mencuccini, CP, Uskup Emeritus Sanggau, menjadi penahbis pendamping kedua. (*/RED)

Artikel Pesan Mgr Agustinus untuk Uskup Terpilih Sanggau pertama kali tampil pada RUAI.TV.