Ritual Dayak Sambut Dubes Vatican di Sanggau


SANGGAU, RUAI.TV – Duta Besar (Dubes) Vatican untuk Indonsia, Mgr Piero Pioppo segera berangkat ke Kabupaten Sanggau, setelah mendarat di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kamis (10/11/2022).

Dubes Vatican–juga disebut Nuntius–menjadi penahbis utama dalam Tahbisan Episkopal Uskup Sanggau Terpilih, Mgr Valentinus Saeng CP, Jumat (11/11/2022) di Katedral “Hati Kudus Yesus”.

Baca juga: Siaran Online Tahbisan Uskup Sanggau Mgr Valentinus

Berangkat dari Kota Pontianak melalui perjalanan darat, rombongan Nuntius mendapatkan sambutan umat yang telah menanti di kompleks Keuskupan Sanggau. Tari-tarian etnik Dayak pun mengiringi rombongan ini memasuki area Gereja Katedral.

Di sebuah gerbang, ritual penyambutan dalam tradisi Dayak berlangsung. Nutius berdiri di depan palang bambu, dan  di seberangnya seorang tokoh adat melakukan penyambutan.

Baca juga: Dubes Vatican Tiba di Kalbar, Hendak Tahbiskan Uskup Sanggau

Nunctius terlihat menikmati momen ini, dan kerap kali melambaikan tangan kepada umat yang menyapanya. Dalam rombongan itu, Nuntius bersama sekretarisnya, Pastor Michael Pawlowitz yang berasal dari Amerika Serikat.

Juga, Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo. Dan sejumlah Uskup lain dari berbagai keuskupan di Indonesia.

Baca juga: Uskup Sanggau yang Baru Kuasai 5 Bahasa Asing

Agenda pada Kamis sore adalah Ibadat Vesper Agung yang berisi tiga acara. Pertama, pengakuan iman Uskup Terpilih.

Kedua, penyataan janji setia Uskup Terpilih kepada Sri Paus sebagai pimpinan tertinggi umat Katolik sedunia. Dan ketiga, pemberkatan insignia atau berbagai atribut penanda uskup, yang akan dia kenakan dalam tugasnya. Juga pemberkatan katedra atau Tahta Uskup.

Baca juga: Uskup Baru Sanggau, Ini Orangnya

Uskup Agung Agustinus memimpin Ibadat Vesper Agung di Katedral “Hati Kudus Yesus” Sanggau. Dan pada Jumat, Nutius Mgr Piero Pioppo menjadi penahbis utama. Sementara Ignatius Kardinal Suharyo sebagai penambis pendamping pertama.

Dan Uskup Emeritus Keuskupan Sanggau, Mgr Guilio Mencuccini CP menjadi penahbis pendamping kedua. Misa Agung untuk Tahbisan Episkopal disiarkan secara online melalui channel YouTube Keuskupan Sanggau di link ini. (RED)

Artikel Ritual Dayak Sambut Dubes Vatican di Sanggau pertama kali tampil pada RUAI.TV.