Categories: RUAITV

Dubes Vatican Tiba di Kalbar, Hendak Tahbiskan Uskup Sanggau


PONTIANAK, RUAI.TV – Duta Besar Vatican untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo, telah tiba di Kalimantan Barat. Duta Besar Vatican–atau biasa disebut Nuntius–mendarat di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kamis (10/11/2022) sekitar pukul 10.05 WIB.

Nuntius bersama sekretarisnya, Pastor Michael Pawlowitz yang berasal dari Amerika Serikat. Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus, menyongsong Nuntius hingga ke tangga pesawat.

Kunjungan Pastoral Nuntius kali ini dengan agenda Tahbisan Episkopal atau Tahbisan Uskup Terpilih Keuskupan Sanggau, Mgr Valentinus Saeng, CP pada Jumat (11/11/2022). Uskup Agustinus menyabut Nuntius dengan mengalungkan syal dan topi manik-manik dengan ornamen khas Dayak.

Baca juga: Siaran Online Tahbisan Uskup Sanggau Mgr Valentinus

Ignasius Ik, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, mewaliki Gubernur, turut mendampingi Uskup Agung. Dari Bandara Supadio, Nuntius segera berangkat dengan perjalanan darat menuju Kabupaten Sanggau.

Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung, OFMCap menyertai perjalanan ini, dengan pengawalan dari Dit Pamobvit Polda Kalimantan Barat. Setelah mendarat di bandara, Nuntius masih sempat melayani penyambut yang ingin berfoto bersama.

“Terima kasih atas sambutan yang hangat ini,” kata Nuntius dalam bahasa Inggris.

“Selamat siang,” dia melanjutkan sapaannya dalam bahasa Indonesia.

Lihat juga: 600 Personil Amankan Pentahbisan Uskup Sanggau – VIDEO

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus, mengatakan, Nuntius ke Keuskupan Sanggau mewakili Paus Fransiskus sebagai gembala utama umat Katolik di seluruh dunia.

“Kedatangan beliau, juga memberikan support dan kekuatan kepada umat Katolik untuk tetap bersatu,” ujar Uskup Agustinus.

Rangkaian Tahbisan Episkopal Uskup Sanggau Terpilih, akan mulai dengan ibadat Vesper Agung di Katedral Sanggau. Uskup Agustinus memimpin Vesper Agung, Kamis sore, berisikan pengikraran kesetiaan Uskup Terpilih kepada Sri Paus.

Baca juga: Uskup Baru Sanggau, Ini Orangnya

Kemudian Uskup Terpilih melakukan pengakuan iman sekaligus pemberkatan insignia atau berbagai atribut penanda uskup, yang akan dia kenakan dalam tugasnya. Juga pemberkatan katedra atau Tahta Uskup.

Nuntius Mgr Piero Pioppo menjadi penahbis utama dalam Tahbisan Episkopal Uskup Sanggau Mgr Valentinus Saeng CP pada Jumat pagi, di Gereja Katedral “Hati Kudus Yesus”. Penahbis pendamping pertama adalah Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo. Dan Uskup Emeritus Sanggau, Mgr Guilio Mencuccini CP menjadi penahbis pendamping kedua. (*/RED)

Duta Besar Vatican untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo, Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus, berpose dengan sebagian penjemput, di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kamis (10/11/2022). Foto: Komsos KAP/ruai.tv

Artikel Dubes Vatican Tiba di Kalbar, Hendak Tahbiskan Uskup Sanggau pertama kali tampil pada RUAI.TV.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

15 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

20 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

20 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

1 hari lalu