DISKOMINFO

WAKIL BUPATI SANGGAU MERESMIKAN GEREJA SANTO YOSEF STASI KEDAKAS


//Diskominfo Sanggau//

SANGGAU, Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si, bersama Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Julius Giulio Mencuccini, C.P., meresmikan gereja Santo Yosef Stasi Kedakas, Paroki Kristus Raja Sosok, Minggu (6/11/2022).

Gereja ini merupakan gereja yang terakhir yang akan diresmikan oleh Julius Giulio Mencuccini. Pasalnya pada 11 November mendatang Beliau akan mengakhiri masa jabatan nya sebagai Uskup Keuskupan Sanggau dan posisinya akan digantikan oleh Valentinus Saeng, C.P. Ini merupakan gereja yang ke 962 yang sudah diresmikan dan 32 tahun menjadi uskup Sanggau terhitung sejak tahun 1990.

“Hari ini adalah hari yang berbahagia bagi umat Kedakas karena gerejanya akan diresmikan oleh Bapak Uskup, tetapi hari ini juga menjadi hari yang sedih karena Monsinyur akan meninggalkan Indonesia, karena masa jabatan nya akan segera berakhir beberapa hari lagi,” ujar Ontot.

Kemudian dalam sambutannya Yohanes Ontot mengatakan bahwa membangun gereja itu tidak gampang, penuh perjuangan, dengan harapan agar bagaimana mendorong iman menjadi sebagai kekuatan masyarakat Sanggau, masyakarat yang mampu menjaga keimananan dan bersama pemerintah.

“Orang yang berbudaya dia dapat merefleksikan kembali budaya leluhur ratusan tahun lalu, dan gereja katolik menghargai kebudayaan. Budaya harus kita jaga dan iman harus kita pelihara, ada ratusan jenis bantuan diantaranya rumah ibadah, dan ini kita bagi terus secara proposional”, katanya.