Categories: Antaranews

Wabup Sanggau buka pelatihan analis kebijakan



Sanggau (ANTARA) – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot membuka pelatihan teknis analis kebijakan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau, di Sanggau,  Selasa (1/11)

“Pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dan motivasi kepada peserta terkait peraturan yang menjadi dasar penyetaraan ke dalam jabatan fungsional analis kebijakan,”  ungkap Ontot. 

Menurut dia, sehingga para analis kebijakan dapat memahami tugas fungsinya serta butir- butir kegiatan yang harus dikerjakan sebagai tugas dan fungsi, serta proses kinerja jabatan fungsional evaluasi analis kebijakan.

“Dengan berlakunya kebijakan nasional tentang penyetaraan jabatan. Maka terjadi transformasi dari jabatan administrasi ke fungsional dalam menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional sebagai upaya, meningkatkan efektifitas dan efisiensi,” paparnya. 

Pelatihan teknis analis kebijakan ini, menghadirkan narasumber dari Lembaga Administrasi Negara (Lan) RI.

Ditambahkan, saat ini publik semakin komplek dan masif, sehingga membutuhkan berbagai alternatif dan solusi yang inovatif serta cepat agar tidak kehilangan momentum dalam penyelesaian masalah. 

“Analis kebijakan idealnya hadir sebagai agen untuk membantu pembuat menghasilkan kebijakan publik berbasis yang bukti inovatif. Sehingga tidak lagi ditemukan kebijakan tumpang tindih ataupun menimbulkan reaksi negatif dari publik,” jelasnya. 

Ditegaskan, seorang fungsional harus dapat mengumpulkan sejumlah angka kredit tertentu. Sehingga memenuhi jumlah yang ditentukan oleh Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman sebagai analis kebijakan yang nantinya dapat menjadi modal untuk mengikuti sertifikasi profesi analis kebijakan sesuai standar dalam profesi analis kebijakan di Indonesia,” katanya. 
 




Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun Facebook dan WhatsApp Mengatasnamakan Brigjen Pol Yehu Wangsajaya – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Yehu Wangsajaya. Akun tersebut terlihat menggunakan nama dan foto pro?l Brigjen Pol Yehu Wangsajaya. Faktanya, akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan…

5 menit lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Gambar Pesawat Jatuh di Perairan Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan informasi di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa terdapat pesawat jatuh di Perairan Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tersemat dalam unggahan informasi tersebut gambar pesawat yang jatuh dengan narasi…

7 menit lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Polisi Temukan 400 Kilogram Emas Batangan di Rumah Sandra Dewi – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah informasi di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa polisi menemukan 400 kilogram emas batangan hasil korupsi di rumah Sandra Dewi. Unggahan tersebut bertuliskan "4 kwintal emas batangan dirumah sandra dewi yg…

8 menit lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Presiden Jokowi Bentak Harvey Moeis atas Kasus Korupsi Timah – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video pada platform YouTube dengan judul "Kena Mental! Sandra Dewi Auto Ketakutan, Jokowi Bentak Suami Sandra Begini C Lita Gading Beri Reaksi". Thumbnail pada video tersebut menampilkan foto Presiden Joko…

10 menit lalu