Categories: Dpp

Sosialisasi dan Verifikasi Kegiatan Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat Tahun 2022 di Kabupaten Sanggau


Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau menggelar Sosialisasi dan Verifikasi Kegiatan Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) di Aula Grand Narita Hotel Sanggau yang berlangsung dua hari dari Kamis hingga Jumat (20-21 Oktober 2022).

 

Hadir dalam acara sekaligus membuka kegiatan ini Staf Ahli Bupati Sanggau Shopiar Juliansyah, SE, MM, Kepala Disbunnak H. Syafriansyah, SP, MM, Kabag Ops Polres Sanggau, Kompol Ida Bagus Gede Sinung, Kajari Sanggau diwakili Kasi Pidsus Agus Supriyanto SH, MH, perwakilan Disperindagkop dan UM Sanggau Santi Asna, SE.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Sanggau H. Syafriansyah, SP, MM dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan peremajaan sawit rakyat ini sudah berlangsung sejak tahun 2019. Artinya sudah memasiki tahun ketiga. Dalam perjalanannya, kata Syafriansyah pihaknya sudah merekomendasikan secara teknis sebanyak 4.556 hektar yang terdiri dari 7.000 lebih petani.

“Dari 4.556 hektar ini sebanyak 3.700 hektar lebih sudah terealisasi tanam, tersebar di beberapa Kecamatan antara lain Kecamatan Kapuas, Kecamatan Meliau, Kecamatan Parindu dan Kecamatan Kembayan,” ujarnya.
Pada tahun 2022, lanjutnya, Pemkab Sanggau mendapatkan alokasi lagi sebanyak 3.000 hektar, tapi dalam pelaksanaannya agak terhambat sampai saat ini karena kita belum mendapat rekomendasi teknis (rekomtek) dari Ditjenbun disebabkan karena ada beberapa persyaratan tambahan yang merupakan susulan yang baru disampaikan pertengahan Tahun anggaran. Hasilnya saat ini masih dalam proses, tapi 1.200 hektar lebih sudah kita dorong ke Ditjenbun untuk segera diterbitkan rekomendasi teknisnya, tinggal melengkapi persyaratan dari Kemen LHK berupa surat pernyataan bebas dari kawasan hutan dan lahan gambut,” ungkapnya. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri 90an peserta yang merupakan perwakilan dari 18 KUD di Kab Sanggau, PPL Perkebunan dan petugas pendamping dan pengusul kegiatan peremajaan kelapa sawit rakyat.

Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi dalam sambutannya yang disampaikan staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM, Shopiar Juliansyah, SE, MM menyampaikan sektor pertanian merupakan sektor yang menjadi andalan Kabupaten Sanggau terutama subsektor perkebunan.
Berdasarkan data statistik, kata dia, sektor pertanian memberikan sumbangan sebesar 29,39 persen terhadap total produk domestik regional bruto (PDRB) Kabupaten Sanggau dan subsektor perkebunan memberikan sumbangan lebih dari 20 persennya. Sedangkan berdasar lapangan pekerjaan, sektor pertanian menyediakan 149.099 (65 persen) lapangan kerja dari sebanyak 228,483 usia angkatan kerja usia 15 tahun ke atas.
Dari luasan Kabupaten Sanggau sebesar 12.857.70 KM persegi, lanjutnya, luas lahan yang termasuk area penggunaan lain (APL) yang dapat digunakan untuk kegiatan perkebunan dan kegiatan lainnya sebesar 737.867,4 hektar.

“Dari luasan tersebut yang telah digunakan untuk kegiatan budidaya perkebunan seluas 423.861 hektar, yang digunakan untuk budidaya tanaman kelapa sawit 310.126 hektar, tanaman karet 51.360 hektar, tanaman kakao 3.050 hektar, tanaman lada 2.811 hektar, kelapa 614 hektar, dan tanaman kopi 211 hektar, sisanya digunakan untuk tanaman perkebunan lain,” pungkasnya.


DPP
Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Indonesia adalah Negara dengan Utang Terkecil di Dunia – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah komentar di salah satu unggahan video pada platform TikTok yang mengeklaim bahwa Indonesia adalah negara dengan rasio utang terkecil di dunia. Adapun besar rasio utang yang dimiliki Indonesia adalah sebesar 35%.…

20 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Kuis Tebak Angka Berhadiah Toyota Hilux – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar beberapa unggahan informasi di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa terdapat kuis tebak angka berhadiah sebuah mobil Toyota Hilux. Terlihat dalam unggahan-unggahan tersebut memuat gambar Toyota Hilux beserta sederet angka 609 dengan…

20 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Gas LPG 3 Kilogram Dijual Rp70 Ribu di Desa Sedayu, Kabupaten Kendal – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar gambar tangkapan layar sebuah unggahan di media sosial Facebook berisi klaim yang menyebutkan bahwa gas LPG 3 kilogram dijual seharga Rp70 ribu di Desa Sedayu, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Faktanya, berdasarkan…

20 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Giveaway Motor CRF dan Uang Rp40 Juta oleh PT Astra Honda – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan video di platform TikTok yang mengeklaim bahwa Honda Indonesia memberikan hadiah motor CRF dan uang Rp40 juta. Dilansir dari turnbackhoax.id, giveaway yang mengatasnamakan PT Astra Honda adalah penipuan. Akun yang menyebarkan…

20 jam lalu