Categories: RUAITV

Uskup Sanggau Mgr Valentinus Ditahbiskan, Ini Jadwalnya


SANGGAU, RUAI.TV – Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Valentinus Saeng CP akan segera menjalani pentahbisannya sebagai Gembala Utama di keuskupan tersebut. Panitia telah menyusun acara selama dua hari di bulan November 2022.

Pentahbisan Uskup Sanggau Mgr Valentinus akan berlangsung di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Kota Sanggau. Panitia dengan ketua Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, menyusun jadwal kegiatan pentahbisan Uskup Sanggau pada 10-11 November.

Untuk agenda pada 10 November 2022 berupa Vesper Agung, mulai pukul 18.00 WIB. badat Vesper Agung berisikan pengikraran kesetiaan Uskup kepada Sri Paus.

Baca juga: Uskup Sanggau yang Baru Kuasai 5 Bahasa Asing

Juga, pengakuan iman Uskup Terpilih yang sekaligus pemberkatan berbagai atribut penanda uskup, yang akan dia kenakan dalam tugasnya. Hari berikutnya, 11 November 2022, merupakan Perayaan Tahbisan Agung, mulai pukul 09.00 WIB.

Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, menunjuk Valentinus Saeng menjadi Uskup Sanggau, menggantikan Mgr Guilio Mencuccini, CP. Uskup Mencuccini membacakan penujukan Paus untuk penggantinya itu, setelah doa adorasi Sakramen Maha Kudus di Katedral Sanggau pada Sabtu 18 Juni 2022.

Valentinus Saeng (52) adalah seorang pastor Katolik Roma dari Kongregasi Pasionis (CP). Dia lahir di Desa Keramuk, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan pada 28 Oktober 1969.

Baca juga: Uskup Baru Sanggau, Ini Orangnya

Dia meraih gelar master filsafat di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma pada 2005. Kemudian belajar bahasa Jerman di Maximilian Universität, München, Jerman. Serta meraih gelar doktor filsafat pada 2008 di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma.

Pastor Valen, begitu sapaan akrabnya, mengajar di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang, Jawa Timur. Dia terkenal dengan kesukaannya melakukan berbagai riset, terutama terkait filsafat sosial.

Juga aktif menghasilkan karya tulis ilmiah yang tersebar di mana-mana. Serta menjadi pembicara untuk seminar-seminar. (RED)

Artikel Uskup Sanggau Mgr Valentinus Ditahbiskan, Ini Jadwalnya pertama kali tampil pada RUAI.TV.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

6 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

11 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

11 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

16 jam lalu