Categories: Diskominfo

Buka Sosialisasi FKUB, Wakil Bupati Sanggau Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan umat Beragama


SANGGAU – Dalam upaya meningkatkan kerukunan antar umat beragama, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten Sanggau menggelar sosialisasi dan dialog kerukunan umat beragama, bertemakan “Dengan Semangat Kerukunan Antar Beragama Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa”, bertempat di Aula Kantor Desa Suka Mulya, Kecamatan Parindu, selasa (4/10/2022).

Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau Kubin, Kepala Sat Pol PP Kabupaten Sanggau Victorianus, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), para tokoh lintas agama mulai dari para pendeta dan ulama serta masyarakat Desa Suka Mulya.

Wakil Bupati Sanggau dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi yang digelar FKUB harus dapat memberi kontribusi meningkatkan dan melestarikan kerukunan kehidupan umat beragama di kabupaten ini yang kreatif dan dinamis.

“Saya harap bentuk kepada Forum ini, FKUB sebagai mitra pemerintah harus mampu menjadi corong untuk menyampaikan informasi agar mencegah hal-hal yang dapat menjadi pemicu keributan. Kita harus mampu mencegah adanya gesekan yang berpotensi menimbulkan keributan di masyarakat,” tegasnya.

Pentingnya untuk terus merajut dan memelihara kerukunan antar umat beragama karena itu sikap fanatisme yang sempit yang menjurus kepada intoleransi beragama harus dihindari, sebaliknya kita harus mengembangkan sikap moderasi beragama yang mengutamakan sikap saling menghormati, saling menghargai dan saling membutuhkan sebagai sesama anak bangsa.

Kerukunan umat beragama merupakan dasar yang kokoh untuk merajut kesatuan dan persatuan bangsa untuk itu beliau mengajak seluruh komponen masyarakat agar dapat memelihara kerukunan antar umat beragama, jika ada perbedaan pendapat maka perlu diselesaikann dengan cara dialog bukan main hakim sendiri.

Dan harapan saya, kegiatan ini para peserta memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang kerukunan dan dapat menggali aspirasi atau informasi, sehingga bisa dicapai kerukunan antar umat beragama,” ujar wabup.

“Semua berperan aktif baik itu tokoh pemuda, tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk terus bergandengan tangan dalam menjaga kerukunan dan meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama di Kabupaten Sanggau”, ujarnya.

Pemerintah dan masyarakat tentu berkeinginan agar kerukunan hidup umat beragama yang telah terjalin dengan baik di Kabupaten ini tetap berjalan dangan baik, sehingga tidak akan ada terjadi kesalahpahaman yang bisa menimbulkan konflik,” tegasnya.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

10 jam lalu
  • Diskominfo

Buka Muscab DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3 DPC ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028, bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sanggau. Jumat (19/4/2024). “Harapannya…

10 jam lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

10 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 hari lalu