DISKOMINFO

Peringatan HUT PMI Ke-77, Wujudkan Sanggau Maju Terdepan


//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si, menghadiri peringatan HUT Palang Merah Indonesia ke-77 Tahun 2022. Dengan tema yang diusung “Terus tebar kebaikan”, kegiatan di pusatkan di Markas PMI Kabupaten Sanggau. Senin (26/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut Ketua PMI Kabupaten Sanggau, Yohana Kusbariah menyampaikan bahwa selama tahun 2022 PMI Kabupaten Sanggau telah banyak melaksanakan kegiatan dalam rangka menjalankan kegiatan donor darah, pelayanan kesehatan dan pelayanan sosial berupa sunatan massal serta pembinaan relawan.

“Berkenaan dengan tema Hari Ulang Tahun PMI tahun ini yakni terus tebar kebaikan, PMI Kabupaten Sanggau secara nyata telah mengimplementasikan tema tersebut dengan melaksanakan kegiatan membantu masyarakat yang mengalami musibah bencana. Pada tahun 2021 PMI Kabupaten Sanggau bekerjasama dengan beberapa organisasi masyarakat dan instansi mendirikan posko bencana banjir dengan menghimpun dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa sembako, perlengkapan untuk bayi dan ibu hamil, serta memberikan bantuan pelayanan Kesehatan,” kata Ketua PMI Kabupaten Sanggau, Yohana Kusbariah.

Untuk itu, lanjut Ketua PMI Kabupaten Sanggau dalam kesempatan tersebut dirinya mengucapkan banyak terimakasih kepada Manggala Agni, KPH Sanggau Timur, Damkar Kabupaten Sanggau, Rapi Sanggau, serta forum Tagana Kabupaten Sanggau atas bantuan kerjasamanya.

“Selanjutnya dalam rangka penanganan paska banjir pada bulan maret tahun 2022 ini, PMI Kabupaten Sanggau bekerjasama dengan IFRC melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan, pemulihanan psiko sosial, bantuan paket kepada bayi dan ibu hamil, serta pembersihan lingkungan di Desa Sungai Alai, Penyelimau, Penyelimau Jaya, Semerangkai dan Sungai Batu.  Kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar dengan mengerahkan pengurus dan relawan yang tergabung dalam TSR dan KSR,” ucapnya.

PMI Kabupaten Sanggau telah melaksanakan pembinaan kepada pengurus PMI Kecamatan melalui kunjungan monitoring dan evaluasi, guna membimbing dan memperkuat fungsi dan peranan pengurus kecamatan.

“Dan sebagai tindak lanjut dari hasil monev, PMI Kabupaten Sanggau akan lebih memperkuat kapasitas pengurus kecamatan melalui  pelatihan manajemen organisasi dan pelatihan penanggulangan bencana,” jelas Ketua PMI Kabupaten Sanggau, Yohana Kusbariah.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan bahwa dirinya dalam kesempatan tersebut menghadiri acara peringatan puncak HUT PMI ke-77 Tahun 2022.

“Dan tentu rangkaian kegiatan ini dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Sanggau mulai dari beberapa minggu yang lalu baik itu kegiatan olahraga, kemudian lomba-lomba pidato PHBS, penanganan stunting dan kegiatan donor darah,” jelasnya.

Lanjut disampaikan Wabup Sanggau, Yohanes Ontot yang mana di ulang tahun PMI ke-77 ini tentu PMI menunjukan eksistensinya dalam rangka bagaimana membantu pemerintah.

“Terutama di bidang kemanusiaan, dan juga sudah bergerak diberbagai aspek dalam kehidupan masyarakat, terutama berkaitan dengan masalah sosial, baik itu bantuan bencana banjir, kebakaran dan lain-lain,” ucapnya.

“Harapan kita PMI tetap eksis dan kita berharap PMI ini merupakan bagian dari mitra pemerintah dan Lembaga-lembaga lainnya yang harus dibangun kolaborasi secara baik dan keberadaannya bisa memberikan arti untuk pembangunan kemanusiaan dan masalah sosial lainnya di Kabupaten Sanggau. Saya ucapkan selamat HUT PMI ke-77, tetap bersemangat PMI untuk mewujudkan Sanggau maju dan terdepan,” sambungnya.

Penulis         : Alfian