[DISINFORMASI] Pemerintah Sengaja Merekayasa Status PPKM untuk Meredam Massa Demonstrasi Kenaikan Harga BBM – 19/09/2022

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan yang menarasikan bahwa pemerintah sengaja memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia untuk meredam gelombang masyarakat yang turun ke jalan menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

 

Dilansir dari jalahoaks.jakarta.go.id, dijelaskan bahwa narasi tersebut adalah keliru. Faktanya, PPKM level 1 diberlakukan kembali sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 dan 43 Tahun 2022, sama seperti kondisi sebelumnya, sehingga tidak ada hubungannya dengan kenaikan BBM. Pemerintah memperpanjang aturan PPKM level 1 sampai level 3 untuk seluruh wilayah di Indonesia hingga 3 Oktober mendatang didasari  oleh berbagai pertimbangan ahli sebagai langkah antisipasi agar penyebaran Covid-19 di Indonesia tetap terkendali. Sebagai informasi, hingga 8 September 2022 tingkat persentase kasus positif Covid-19 Jakarta dalam 30 hari terakhir berada di 13,0% dan 10,1% untuk positivity rate Indonesia.

 

Link Counter: