Categories: Diskominfo

Wakil Bupati Sanggau Tutup Rangkaian Kegiatan Festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri XIV


//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menutup rangkaian kegiatan Festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri XIV tahun 2022 di halaman Istana Surya Negara Sanggau, Sabtu malam (10/9/2022).

Dalam sambutan, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan bahwa kegiatan Festival Budaya Faradje’ Pesaka Negeri ini merupakan kegiatan rutinitas bagi masyarakat Melayu di Kabupaten Sanggau.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang ditinggalkan para leluhur kita yang harus dilaksanakan secara estapet dari tahun ke tahun,” ucapnya.

“Kita harus mampu menjaga dan memelihara tradisi, kebiasaan yang ditinggalkan para leluhur kita. Tadi pagi sudah dilaksanakan yang bersifat ritual,” tambahnya.

Selain melaksanakan kegiatan rutinitas yang wajib dilaksanakan oleh Keraton Istana Surya Negara, melalui kegiatan ini juga berimplikasi secara ekonomi bagi masyarakat secara luas.

“Tidak hanya masyarakat dilingkaran Keraton Istana Surya Negara Sanggau saja, tetapi seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Sanggau,” ujar Wabup Sanggau, Yohanes Ontot.

Wakil Bupati Sanggau mengatakan, pemerintah daerah sangat mensupport dan memberikan ruang bagi seluruh kegiatan yang bersifat budaya di Kabupaten Sanggau ini.

“Kita berikan ruang yang seluas-luas kepada setiap suku yang ada di Kabupaten Sanggau ini, untuk mereka mengekspresikan diri sebagai sebuah bangsa yang besar dengan keanekaragaman adat istiadat dan budaya,” ucap Wabup, Yohanes Ontot.

Dalam sambutannya, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau, H Gusti Arman mengatakan bahwa tahun 2022 ini memang agak berbeda pelaksanaan Festival Budaya Faradje’ dari sebelum pandemi Covid-19.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sanggau, karena Festival Budaya Faradje’ ini dibantu sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Sanggau. Terima kasih juga kepada semua pihak yang sudah mendukung suksesnya kegiatan ini.

Selain itu, Raja Sanggau juga menjelaskan apa itu Faradje’. Faradje’ adalah pembersih negeri untuk membuang hawa buruk dan berdoa agar dijauhkan dari berbagai bencana dan musibah.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

9 jam lalu
  • Diskominfo

Buka Muscab DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3 DPC ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028, bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sanggau. Jumat (19/4/2024). “Harapannya…

9 jam lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

9 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 hari lalu