Pemkab Sanggau Gelar Jalan Sehat Literasi


//DISKOMINFO – SANGGAU//

SANGGAU – Dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-XXXIX Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau menggelar jalan sehat dan donor darah dengan tema “Membumikan Literasi Dalam Rangka Mencegah Stunting Melalui Jalan Sehat Literasi”. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Sanggau. Jumat (9/9/2022).

Bupati Sanggau Paolus Hadi S.IP M.Si dalam sambutannya menyampaikan adapun tujuan kita berkumpul di sini salah satunya yaitu untuk mempopulerkan pentingnya literasi dalam proses belajar generasi muda. Budaya literasi sangatlah penting bagi generasi muda yang perlu menimba ilmu sebanyak-banyaknya agar dapat bermanfaat secara luas kepada lingkungan sekitarnya.

Generasi muda khususnya generasi milenial memiliki peran penting untuk memajukan bangsa sehingga perlu proses belajar berkualitas untuk menghasilkan ilmu yang berkualitas pula. Generasi milenial menjadi generasi yang sedang berproses dalam belajar untuk kemajuan bangsa yang akan datang.

Bupati Sanggau mengatakan peringatan Hari Olahraga Nasional selalu menjadi momentum untuk kembali mengingatkan bahwa membangun olahraga dalam masyarakat sangatlah penting.

“Hal ini terkait dengan upaya membangun kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang kuat, handal, tangguh dan berdaya saing tinggi,” ungkapnya.

Pemerintah menargetkan pada tahun 2024 angka stunting di Indonesia turun menjadi 14 persen atau di bawah standar WHO dan tahun 2030 Indonesia bebas stunting.

“Untuk mewujudkan tujuan ini, mari kita bersama – sama untuk hidup sehat dengan momentum hari olahraga ini dapat mewujudkan Indonesia akan bebas stunting.” tegasnya

Kemudian Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Ny. Arita Apolina mengatakan adapun maksud dan tujuan kegiatan hari ini yaitu membumikan kegiatan literasi dalam rangka mencegah stunting melalui jalan sehat dan donor darah.

“Pentingnya menjaga pola hidup sehat selama masa pandemi, karena hingga sampai saat ini Indonesia masih berjuang untuk melawan virus Covid-19”. ujarnya.

“Kegiatan ini di laksanakan bersamaan di 15 kecamatan dan juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Sanggau sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Olahraga Nasional.” ujarnya.