Ini Hasil Musyawarah Agung Raja-raja se Kalbar, Salahsatunya Nobatkan Raja Sanggau Sebagai Ketua MKKB

Ini Hasil Musyawarah Agung Raja-raja se Kalbar, Salahsatunya Nobatkan Raja Sanggau Sebagai Ketua MKKB


FOTO : Momen saat musyawarah Agung berlangsung diikuti Raja-raja se Kalbar, berlangsung di Keraton Surya Negara Sanggau pada Jumat (9/9/2022).

Pewarta/editor : Abin/Sery Tayan

SANGGAU – radarkalbar. com

RAJA – raja se Kalimantan Barat menggelar musyawarah agung berlangsung di Keraton Surya Negara, Sanggau, pada Jumat (9/9/2022).

Alhasil, salah satu hasil musyawarah Agung tersebut, menobatkan Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si sebagai Ketua Majelis Kerajaan Kalimantan Barat (MKKB) periode 2022-2027.

“Alhamdulilah, proses musyawah agung untuk penyegaran pengurus tadi berjalan aman dan lancar, dan kami sepakat menobatkan yang mulia H Gusti Arman sebagai penerus saya dan raja Tayan melanjutkan kepemimpinan di MKKB,” ujar Pangeran Ratu Kerta Negara Gusti Kamboja mantan Ketua MKKB, usai mengikuti musyawarah Agung tersebut.

Menurut Raja Mantan, Ketapang ini agenda selanjut pihaknya bersama beberapa raja termasuk yang mula Raja Sanggau menyusun struktur kepengurusan MKKB yang baru. Lantas kemudian didaftarkan ke Kemenkum HAM RI.

“Selain pemilihan MKKB, tadi kami juga melakukan pemilihan Ketua DPD Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara (FSKN) Provinsi Kalimantan Barat. Dan alhamdulillah kami bertiga, saya, raja Tayan dan Raja Sanggau terpilih sebagai formatur untuk menyusun pengurus FSKN Kalimantan Barat. Dan ketua wilayah Forum Koordinasi Keraton Nusantara yang kami percayakan kepada yang mulia Raja Tayan Panembahan Anom Paku Negara Gusti Yusri,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara (FSKN), yang mulia Karaeng Turikale VIII Maros Irjen Pol (purn) AA. Mapparessa yang ikut hadir dalam pemilihan MKKB menyampaikan ucapan selamat kepada yang mulia Raja Sanggau terpilih sebagai Ketua MKKB.

“Kami dari FSKN yang beranggotakan para raja dan sultan se nusantara yang memang telah eksis sebelum indonesia merdeka dan sampai sekarang para penerusnya masih melaksanakan tradisi, adat istiadat dan budaya yang diwariskan para leluhur kita yang tergabung dalsm forum ini mulai dari Aceh sampai Papua merasa bahagia karena kerabat kami Gusti Kamboja telah selesai melaksanakan tugas dengan sangat baik. Harapan kami kepada pengurus yang baru nanti bisa melanjutkan bahkan berinovasi, utamanya untuk mengimbangi perkembangan teknologi saat ini,”tutupnya.

Purnawirawan polisi bintang dua ini menambahkan melalui pemanfaatan teknologi saat ini, ia berharap dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memberikan pemahaman kepada seluruh anak bangsa. Terutama anak milenial supaya mereka juga mengenal budaya leluhurnya.

Ucapan selamat atas terpilihnya Raja Sanggau juga disampaikan Sultan Pontianak, Syarief Machmoed Melvin Alqadrie.

“Alhamdulillah saya sangat senang dan bangga karena yang mulia Gusti Arman bersedia meneruskan kepemimpinan Majelis yang terhormat ini. Kami tadi mendengarkan bagaimana komitmen yang mulia raja Sanggau untuk membesarkan organisasi ini sehingga di mata orang luar secara legalitas majelis ini diakui oleh pemerintah dan negara,” ucapnya.