DISKOMINFO

Hadiri Ritual Adat Mandi Bedel di Keraton Pakunegara Tayan Hilir, Ini Pesan Wakil Bupati Sanggau


//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si, hadiri sekaligus membuka acara ritual adat “Mandi Bedel” di Keraton Pakunegara, Kecamatan Tayan Hilir. Sabtu (20/8/2022).

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot ketika diwawancarai menyampaikan bahwa dirinya dalam kesempatan tersebut menghadiri acara ritual adat Mandi Bedel di Keraton Pakunegara Tayan Hilir.

“Mandi Bedel ini merupakan tradisi yang sudah menjadi budaya masyarakat Melayu terutama masyarakat atau kerabat Keraton Pakunegara Tayan Hilir ini. Tadi kita lihat yang mana ritual adat Mandi Bedel ini tidak semua boleh memandikannya, tentu yang memandikannya merupakan kerabat Keraton Pakunegara Tayan Hilir ini,” kata Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot juga katakan bahwa hari ini hanya melaksanakan ritual adat Mandi Bedel saja.

“Hari ini kita hanya melaksanakan ritual adat Mandi Bedel saja. Untuk pelaksanaan festival perang ketupat dan yang lainnya untuk tahun ini tidak kita laksanakan, tentu dengan pertimbangan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, artinya kita tidak melaksanakan kegiatannya secara penuh, hanya ritual adat Mandi Bedel saja.” jelasnya.

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot berharap dengan adanya budaya, adat dan istiadat ini masyarakat adat Melayu terutama yang ada di Lingkungan Keraton Pakunegara Tayan Hilir ini harus menjaga, serta memelihara budaya, adat dan istiadat ini.

“Tentu juga kepada masyarakat secara umum khususnya masyarakat adat Melayu yang ada di Kabupaten Sanggau untuk ikut terlibat dalam memelihara budaya, adat dan istiadat ini. Karena ini merupakan aset miliknya masyarakat Sanggau,” pesannya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini juga diperluas melalui media sosial, agar nanti dapat menjadi daya tarik atau promosi wisata kepada masyarakat luas terkait dengan ritual adat Mandi Bedel ini,” sambungnya.

Penulis         : Alfian